• Rabu, 5 Oktober 2022

Promosikan Batik Papua ke Tingkat Nasional, Kemenperin Bersama Papua Muda Inspiratif Gandeng Pengusaha Lokal

- Selasa, 20 September 2022 | 09:17 WIB
Kegiatan yang diikuti oleh enam kelompok usaha ini diselenggarakan dari tanggal 19 - 23 September di Front One Green Batik Hotel - Jayapura. (Papua Muda Inspiratif )
Kegiatan yang diikuti oleh enam kelompok usaha ini diselenggarakan dari tanggal 19 - 23 September di Front One Green Batik Hotel - Jayapura. (Papua Muda Inspiratif )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  -  Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka bersinergi dengan gerakan Papua Muda Inspiratif menggelar kegiatan Bimbingan Teknologi (BIMTEK) kepada para wirausaha baru (WUB) kelompok-kelompok Batik Lokal di Jayapura.

Kegiatan yang diikuti oleh enam kelompok usaha ini diselenggarakan dari tanggal 19 - 23 September di Front One Green Batik Hotel - Jayapura.

Baca Juga: Pasca Ditetapkan Tersangka oleh KPK, Pemprov Papua Tetap Kondusif dan Gubernur Lukas Enembe Ajak ASN Kerja

Dalam sambutan, Pejabat Fungsional Pembina Industri pada Direktorat Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian,  Enti Nurmaryati Utami  menyatakan, harapan kegiatan ini, peserta yang mengikuti uji kompetensi dapat lulus sertifikasi.

"Sekaligus menularkan ilmu membatik sehingga menumbuhkan para wirausaha baru di bidang batik, menggerakan roda perekonomian yang berdaya saing di Papua khususnya di kota Jayapura," ujar  Enti Nurmaryati Utami,  kepada para peserta saat memberikan sambutannya.

Keunikan corak dan motif batik Papua menjadikannya ciri khas tersendiri yang banyak dikagumi oleh banyak masyarakat. Melihat potensi tersebut, hal ini harus dimanfaatkan dalam kemajuan ekonomi daerah dengan memperdayakan usaha batik lokal.

Selama mengikuti bimbingan teknologi, para kelompok yang terdiri dari 15 peserta diperkenalkan dan diajari alat dan mesin untuk mendukung industri kecil dan menengah yang terdapat di Kota Jayapura.

Baca Juga: 2000 Pasukan Disiagakan, Hari ini Ribuan Massa Akan Aksi Damai Dukung Save Gubernur Papua, Lukas Enembe

Project Manager Bidang Sosial Budaya Papua Muda Inspiratif, Efraim Ramandey menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar menjadi pelatihan, tetapi juga sebagai melestarikan kebudayaan Papua, khususnya para anak-anak muda dapat ikut melestarikan keunikan motif batik Papua.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

C70 Nabire Club, Bergaya Klasik Tetap Eksis

Senin, 29 Agustus 2022 | 14:03 WIB
X