• Jumat, 22 September 2023

Selamatkan Cagar Alam Cycloop, Pemprov Papua dan Kemen LHK Tanam Bambu Sepanjang 78 KM

- Jumat, 4 Agustus 2023 | 15:40 WIB
Suasana saat  Pemerintah Provinsi Papua melaunching penanaman Bambu untuk Penyelamatan Cagar Alam Cycloop di Provinsi Papua, bertempat di Pasir 6, Kampung Nehibe, Distrik Raveni Rara, Kabupaten Jayapura, Jumat, 4 Agustus 2023 pagi. (Dok. Lintas Papua)
Suasana saat Pemerintah Provinsi Papua melaunching penanaman Bambu untuk Penyelamatan Cagar Alam Cycloop di Provinsi Papua, bertempat di Pasir 6, Kampung Nehibe, Distrik Raveni Rara, Kabupaten Jayapura, Jumat, 4 Agustus 2023 pagi. (Dok. Lintas Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) - Secara resmi Pemerintah Provinsi Papua melaunching penanaman Bambu untuk Penyelamatan Cagar Alam Cycloop di Provinsi Papua, bertempat di Pasir 6, Kampung Nehibe, Distrik Raveni Rara, Kabupaten Jayapura, Jumat, 4 Agustus 2023 pagi.

Penanaman dilakukan sepanjang 78 Km dari pasair 6 hingga kampung Maribu, Distrik Sentani Barat secara bertahap oleh kelompok-kelompok tanam baik dari pihak Masyarakat Adat, Gereja, Masjid, Perguruan Tinggi, TNI, POLRI, Kelompok Pencinta Alam dan lainnya.

Dalam sambutan Pelaksana Tugas Harian (Plh) Gubernur Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun mengatakan bahwa launching Penanaman Bambu Untuk Penyelamatan Cagar Alam Cycloop di Provinsi Papua tahun 2023 ini merupakan agenda penting dalam pemulihan lingkungan yang mencakup kerja-kerja pencegahan, penanganan dan pemulihan atau rehabilitasi yang dilakukan secara intensif, kontinu dan konsisten.

Mantan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.
Mantan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw. (Dok. Lintas Papua)


Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengikutsertakan masyarakat dalam pemulihan lingkungan untuk menyongsong Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 Tahun.

“Untuk pencanangan hari ini diawali dengan melakukan penanaman sebanyak empat ribu pohon sepanjang 3 Km dan selanjutnya untuk 74.000 pohon bambu akan dilakukan penanaman oleh kelompok-kelompok tanam lainnya,” terang Rumasukun

Dikatakan, penyelamatan cagar alam Cycloop ini merupakan konsep penyelamatan lingkungan yang kompleks artinya bukan hanya menanam tetapi juga menjaga dan merawat sehingga konsep rehabilitasi batas alam sebagai pendukung tata kelola hutan berkelanjutan, di Provinsi Papua akan terlihat dengan jelas.

“Penananam pohon di kawasan cagar alam Cycloop akan terus berlanjut terus, masyarakat yang tinggal di kawasan Cycloop juga saya harap untuk menjaga dan melestarikan, ini tanggungjawab kita bersama,” ucapnya.

Diakhir sambutanya, Ridwan Rumasukun menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang tak terhingga buat semua pihak yang terlihat secara langsung maupun tidak langsung sehingga kegiatan ini bisa dapat berlangsung.

Kepala Dinas Kehutan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray.
Kepala Dinas Kehutan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray. (Dok. Lintas Papua)

Sementara itu Kepala Dinas Kehutan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua Jan Jap Ormuseray menyebutkan pihaknya akan menanam Bambu sepanjang 78 Km sampai kampung Maribu akan terlaksana pada bulan September 2023.

"Ya, hari ini kita melakukan pencanangan Bambu pada penyangga gunung Cycloop menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78. Tapi sebenarnya kegiatan ini September barulah berjalan dengan menanam Bambu sepanjang 78 Km sampai Kampung Maribu dan kita perkirakan menanam delapan ribu bibit Bambu dengan melibatkan semua orang", jelasnya.

mantan Gubernur Irian Jaya (Papua) Barnabas Suebu, S.H.
mantan Gubernur Irian Jaya (Papua) Barnabas Suebu, S.H. (Dok. Lintas Papua)

Pada kesempatan yang sama mantan Gubernur Irian Jaya (Papua) Barnabas Suebu, S.H. sekaligus sebagai inisiator sampaikan bahwa Gunung Cycloop ini adalah Mama yang menjaga dan melindungi kita sebagai mahkluk hidup yang mendiami Kota/ Kabupaten Jayapura.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X