PT Freeport Indonesia Milik Siapa Saat ini ??? Inilah Jawabannya

- Minggu, 11 Desember 2022 | 16:31 WIB
KARYAWAN PAPUA PT FREEPORT  INDONESIA. (ptfi.co.id)
KARYAWAN PAPUA PT FREEPORT INDONESIA. (ptfi.co.id)

 

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  -  Presiden Joko Widodo di hadapan ratusan veteran RI, Selasa, menegaskan perusahaan yang mengeksplorasi kekayaan tambang dan emas di Papua, Freeport, telah menjadi milik Indonesia dari sebelumnya dikuasai Amerika Serikat (AS).

"Saya baru saja ke Tembagapura melihat Freeport dan perlu saya sampaikan kepada para senior, para sesepuh, bahwa Freeport sekarang ini mayoritas sudah milik Indonesia, bukan milik perusahaan AS lagi," kata Jokowi saat meresmikan Kongres XII Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Munas XI Persatuan Istri Veteran RI (Piveri) di Jakarta, Selasa.

 

Sebagaimana berita ini sebelumnya telah dimuat dengan judul  Presiden Jokowi: Freeport sekarang mayoritas sudah milik Indonesia, Selasa, 11 Oktober 2022 13:02 WIB

Jokowi mengungkapkan dirinya enggan meninjau lokasi tambang emas milik Freeport sebelum Pemerintah Indonesia menguasai sebagian besar atau sebanyak 51 persen saham perusahaan tersebut pada Juli 2018.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan tiba di Grasberg pada Kamis, 1 September 2022, pukul 08.15 Waktu Indonesia Timur (WIT). Di Grasberg, Presiden dan Ibu Iriana didampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas (Biro Pers Setpres)

"Karena sebelumnya kita hanya diberi (dividen) 9,3 persen. Tiga tahun kami bernegosiasi sangat alot sekali dan kita sekarang sudah memegang saham mayoritas 51 persen," kata Jokowi.

Dia juga menjelaskan saat ini sebanyak 98 persen karyawan Freeport adalah warga negara Indonesia (WNI), yang 40 persen di antaranya adalah masyarakat Papua.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X