Pemerintah Telah Memberikan Jaminan Atas Operasi PT. Freeport Indonesia

- Minggu, 11 Desember 2022 | 17:19 WIB
Bangga Dengan Putra Putri Indonesia. residen ketika meninjau ruang operator pengendali alat berat berteknologi 5G di OB04, Kabupaten Mimika, Kamis 1 September 2022 pukul 10.00 Waktu Indonesia Timur (WIT). (Biro Pers Setpres)
Bangga Dengan Putra Putri Indonesia. residen ketika meninjau ruang operator pengendali alat berat berteknologi 5G di OB04, Kabupaten Mimika, Kamis 1 September 2022 pukul 10.00 Waktu Indonesia Timur (WIT). (Biro Pers Setpres)

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  - Pemerintah menjamin operasi PT Freeport Indonesia sampai tahun 2041. Jaminan ini merupakan bagian dari proses divestasi saham Freeport oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

Inalum harus menebus sebagian saham Freeport seharga 3,85 miliar dollar AS atau hampir Rp 60 triliun.

Pembayaran divestasi saham senilai 3,85 miliar dollar AS kepada Freeport McMoran Inc (FCX), induk usaha PT Freeport Indonesia, berlangsung di Jakarta, Jumat.

Baca Juga: Inilah yang Dilakukan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Kunjungi Tambang Grasberg Freeport

Dengan divestasi tersebut, kepemilikan saham Indonesia yang direpresentasikan melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) naik dari 9,36 persen menjadi 51,23 persen. Dari jumlah itu, Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika memiliki saham 10 persen. Dengan demikian, FCX memegang sisa saham 48,77 persen di Freeport Indonesia.

Baca Juga: Menteri Investasi Melepas Pengiriman Konsentrat Tembaga Freeport Indonesia

Pembayaran divestasi saham itu sekaligus menandai perubahan status operasi Freeport dari kontrak karya (KK) menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK). Penerbitan IUPK oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus memberi jaminan perpanjangan operasi Freeport sampai tahun 2041 serta jaminan fiskal dan regulasi yang stabil. Berdasarkan KK, operasi Freeport di Mimika berakhir pada tahun 2021 dan dapat diperpanjang dua kali masing-masing 10 tahun.

Sambil melihat kawasan tambang terbuka PTFI dari Grasberg, Presiden juga berbincang dengan Presiden Komisaris PTFI Richard Adkerson. (Biro Pers Setpres)

Baca Juga: Inilah Nama Alat Untuk Mengambil Hasil Tambang di Areal PT Freeport Indonesia

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: ptfi.co.id/id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X