PJ Walikota Serahkan Kartu JKN-KIS Kepada Warga Asli Port Numbay

- Senin, 5 Desember 2022 | 23:19 WIB
PJ Walikota Serahkan Kartu JKN-KIS Kepada Warga Asli Port Numbay
PJ Walikota Serahkan Kartu JKN-KIS Kepada Warga Asli Port Numbay


JAYAPURA (LINTAS PAPUA)
- Pemerintah Kota Jayapura kembali memastikan 
Universal Health Coverage (UHC) Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasioanl (JKN) di tahun 2023 mendatang, yang dibuktikan dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja tentang Penyelenggaraan Program JKN bagi penduduk di Wilayah Kota Jayapura tahun 2023 pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kota Jayapura.

Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja peserta JKN bagi Penduduk Kota Jayapura tahun 2023 antara Penjabat Walikota Jayapura, Dr Frans Pekey, M.Si dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah, S. Kom,. AAAK yang dilanjutkan dengan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada warga asli Port Numbay dan kepada perwakilan 14 kampung oleh Penjabat Walikota Jayapura setelah apel gabungan di lapangan Kantor Walikota Jayapura yang di hadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura dan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kota Jayapura serta seluruh ASN dalam apel gabungan, Senin (05/12).

Penjabat Walikota Jayapura, Dr Frans Pekey, M.Si mengatakan bahwa capaian UHC Kota Jayapura merupakan kolaborasi yang baik antara pemangku kepentingan dan perangkat daerah yang ada diwilayah Kota Jayapura. Ia menjelaskan, salah satu kewajiban kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah melaksanakan program strategis nasional, salah satunya memberikan dukungan penuh terhadap Jaminan Sosial bagi penduduk diwilayahnya dengan mendaftarkan masyarakat Kota Jayapura ke dalam Program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan.

"Sinergi antara Pemerintah Daerah Kota Jayapura dan BPJS Kesehatan selama ini sudah terjalin dengan sangat baik, kami berharap koordinasi dan kolaborasi dengan BPJS Kesehatan akan semakin bersinergi dengan baik, sehingga upaya perluasan kepesertaan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat ke depannya semakin mudah, yang masih kurang terus kita tambahkan dan yang sudah cukup terus ditingkatkan dengan satu tujuan yaitu untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Frans Pekey.

Pada kesempatan yang sama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan komitmen Pemerintah Kota Jayapura kepada BPJS Kesehatan Cabang Jayapura dalam memberikan Jaminan Kesehatan secara menyeluruh kepada penduduk di Wilayah Kota Jayapura, atas komitmennya tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja tahun 2023 dan penyerahan Plakat kepada Pj. Walikota sebagai bentuk Penghargaan kepada Pemerintah Kota Jayapura atas dukungannya dalam penyelenggaraan Program JKN.

"Sampai dengan saat ini jumlah penduduk Kota Jayapura yang telah ikut Program JKN, sebanyak 360.245 atau 97,74% dari total 368.578 jiwa penduduk Kota Jayapura telah menjadi peserta JKN. Berharap jumlah peserta makin meningkat hingga mencapai 100 %, sehingga seluruh masyaralat yang berada di wilayah Kota Jayapura bisa mendapatkan akses layanan di Fasilitas Kesehatan dengan mudah tanpa harus memikirkan biaya pengobatan”ujar Djamal.

Saat ini di wilayah Kota Jayapura jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sebanyak 49 Fasilitas Kesehatan dengan rincian sebagai berikut, 13 Puskesmas, 20 Dokter Praktek Perorangan (DPP) dan 11 Klinik Pratama, sedangkan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) 9 Rumah Sakit.***

Editor: Fransisca Kusuma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Produk Sirup Obat Ini Ditarik BBPOM Jayapura

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 15:25 WIB
X