BPJS Kesehatan Komitmen Berikan Kemudahan Pelayanan Kepada Pesertanya

- Jumat, 13 Januari 2023 | 15:19 WIB
BPJS Kesehatan Beri Penghargaan Mitra DPP Terbaik Wilayah Timur Tingkat Nasional 2022
BPJS Kesehatan Beri Penghargaan Mitra DPP Terbaik Wilayah Timur Tingkat Nasional 2022

MIMIKA (LINTAS PAPUA) - Dalam menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan selalu berusaha memberikan kemudahan layanan bagi pesertanya, seperti yang saat ini di sosialisasikan kepada seluruh Fasilitas Kesehatan baik tingkat pertama ( puskesmas, klinik dan dokter praktek perorangan ) dan Rumah Sakit mitra BPJS Kesehatan se Kabupaten Mimika terhitung sejak awal Januari 2022, peserta JKN dapat berobat menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK)/Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Fasilitas Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah mengatakan, selain menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS), dengan menunjukan E-KTP saja, maka peserta JKN bisa mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Dibeberkan, BPJS Kesehatan secara bertahap mulai mengurangi pencetakan KIS fisik dan giat mengedukasi masyarakat untuk lebih mengutamakan penggunaan KTP jika perlu mengakses layanan di fasilitas Kesehatan.

"Kemudahan layanan akses ini dapat di manfaatkan di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas layanan di fasilitas kesehatan untuk mempermudah masyarakat yang lupa membawa kartu JKN ataupun yang tidak bisa menunjukan kartu KIS Digital, saat ini cukup menunjukan identitas berupa NIK/ E-KTP dan peserta tidak perlu menyertakan fotocopyan lainnya untuk mendapat layanan kesehatan," kata Djamal saat sosialisasi penggunaan NIK/KTP di fasilitas Kesehatan dan kegiatan utilisasi review FKTP di Kabupaten Mimika, Rabu (11/01).

Djamal mengapresiasi kepada seluruh fasilitas kesehatan yang telah mendukung layanan ini. Diharapkan dengan adanya akses layanan seperti ini dapat semakin memberikan kemudahan kepada peserta JKN.

“Kepada seluruh peserta JKN untuk dapat memastikan status keaktifan kepesertaannya agar tidak terjadi kendala dalam mengakses layanan di fasilitas kesehatan,” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Seksi Pembiayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Farida menyampaikan bahwa saat ini masyarakat cenderung repot dengan banyaknya jenis kartu, dengan inovasi penggunaan NIK/KTP bisa mengakses layanan kesehatan dari BPJS kesehatan tentulah semakin memudahkan, lebih praktis, dan lebih efesien.

Fadira ungkapkan, hal tersebut dinilai mudah karena masyarakat biasanya lupa bawa kartu JKN tetapi tidak pernah lupa bawa handphone dan KTP apalagi bagi yang sudah memiliki E-KTP tentu penggunaan NIK semakin memudahkan dalam memperoleh layanan Kesehatan.

“Semoga inovasi yang baik dari BPJS kesehatan ini kita bisa dukung bersama karena banyak manfaat positif yakni kemudahan, praktis dan efisien, dan tentunya kita sudah membantu pemerintah dalam hal efesiensi dengan tidak mencetak kartu berulang- ulang," ungkap Farida.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Produk Sirup Obat Ini Ditarik BBPOM Jayapura

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 15:25 WIB
X