• Rabu, 5 Oktober 2022

Pangdam XVII/Cenderawasih : TNI Adalah Alat Pemersatu Bangsa

- Senin, 12 September 2022 | 20:31 WIB
Pangdam XVII/Cenderawasih saat memberikan keterangan pers, Senin (12/9/2022). (Ayu Ohee)
Pangdam XVII/Cenderawasih saat memberikan keterangan pers, Senin (12/9/2022). (Ayu Ohee)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) - Beberapa waktu lalu, seorang anggota Komisi I DPR RI, Efendi Simbolon dihadapan Jenderal Andika Perkasa blak-blakan mengatakan bahwa TNI kayak gerombolan, lebih-lebih dari organisasi masyarakat (ormas).

Menyikapi hal tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan sangat menyayangkan hal tersebut.

"Saya sangat menyayangkan. TNI ini lahir dari rakyat dengan sejarah dan perjuangan yang tidak mudah. Seperti negara lahir dan terbentuk, begitu juga lahirnya TNI," ujarnya kepada awak media, Senin 12 September 2022.

Mayjen Saleh menjelaskan, TNI adalah organisasi yang menjiwai dan dijiwai kerakyatan. Oleh karena itu, ia tegaskan tidak ada satupun negara didunia yang militernya bersifat gerombolan.

"TNI adalah alat pemersatu bangsa. Itu kelebihan TNI khususnya TNI AD," tegas Mayjen Saleh.

Selaku Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Saleh mengaku bertanggung jawab dalam kondisi moril prajurit terutama prajurit dibawah naungan Kodam XVII/Cenderawasih khususnya prajurit TNI AD.

"Kodam XVII/Cenderawasih sejatinya punya 1 komando. Asas komando hanya 1 dalam operasi dan penggunaan kekuatan, kita loyal kepada bapak Panglima TNI. Dan dalam pembinaan kekuatan, kita loyal kepada bapak KASAD," akunya.

Tak hanya itu, diakhir kata, ia juga menyampaikan bahwa TNI punya moril dan loyalitas yang kuat apalagi Kodam XVII/Cenderawasih dalam tugas sehari-hari melakukan 2 fungsi tersebut yaitu penggunaan kekuatan dan pembinaan kekuatan sehingga asas kesatuan komando itu sangat dipentingkan. (Ayu Ohee / lintaspapua.com)

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Ayu Ohee

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X