• Selasa, 29 November 2022

Pj Wali Kota Jayapura Dinobatkan Sebagai Saudara Besar oleh Tidung Borneo Kalimantan

- Selasa, 1 November 2022 | 10:38 WIB
Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI yang dilaksanakan selama sepekan, sejak 24 Oktober hingga 30 Oktober 2022,
Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI yang dilaksanakan selama sepekan, sejak 24 Oktober hingga 30 Oktober 2022,
 

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  -  Sarasehan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI yang digelar di wilayah Tabi Kampung Kayo Pulau, Kota Jayapura, Provinsi Papua, ternyata menyimpan kesan mendalam bagi delegasi masyarakat adat Tidung Borneo.

Mereka merasa dianggap sebagai saudara dekat masyarakat adat Papua, khususnya Kota Jayapura, saat mengikuti rangkaian kegiatan sarasehan yang digelar selama dua hari tersebut.

Dengan rasa kedekatan tersebut, pimpinan adat empat suku Tidung Borneo Kalimantan, yang diwakili Tidung oleh Kepala adat besar suku Tidung, Kaharuddin, memberikan cendera mata berupa selendang dadaidarah suku Tidung, yang menjadi simbol pengangkatan Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey menjadi saudara mereka.

“Kami mengangkat Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey beserta istri menjadi saudara Besar suku Tidung,” katanya di Kota Jayapura pada Sabtu (29/10/2022).

Kaharudin kemudian menjelaskan bahwa dalam wilayah Kalimantan ada empat suku asli yang mendiami pulau Borneo tersebut dan sejak nenek moyang mereka yakni rumpun Dayak Tidung.

Suku itu kemudian menyebar ke berbagai wilayah pulau Kalimanyan, hingga ke negeri tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

“Suku kami juga mendiami Tanah Borneo selain suku Dayak,” imbuhnya.

Cendera mata selendang itu lantas digantungkan di leher Frans Pekey dan isteri, sesaat setelah acara penutupan resmi rangkaian sarasehan dengan penabuhan tifa bersama delegasi.

Dengan penobatan itu, Frans PekeyMSi beserta istri secara tidak langsung dianggap sudah menjadi bagian dari keluarga besar Suku Tidung.***

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: InfoPublik Kemkominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPC Granat Keerom Buka Stand di FBK VII tahun 2022

Kamis, 24 November 2022 | 12:15 WIB

Belajar Dari Daniel, Tertindas Tetap Punya Integritas

Minggu, 20 November 2022 | 18:34 WIB
X