• Senin, 5 Desember 2022

Setwapres RI Dan PGGP PB Genjot Pembangunan Kesejahteraan Seluruh Papua

- Rabu, 2 November 2022 | 05:52 WIB
Suasana HUT PGGP Papua Barat
Suasana HUT PGGP Papua Barat

MANOKWARI (LINTAS PAPUA)- Sekretaris Wakil Presiden (Setwapres) Republik Indonesia menggandeng Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP) Provinsi Papua Barat guna menggenjot pembangunan kesejahteraan di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI, Dr. Khamami Zada saat menghadiri perayaan Ulang Tahunnya PGGP PB yang ke-10 di Kantor PGGP di Sowi Gunung, Manokwari Papua Barat, Senin (31/10/2022) malam.

Perayaan tersebut mengusung tema 'Hidup dan Melayani Bersama Sebagai Sahabat Kristus'. Turut hadir Ketua PGGP Provinsi Papua, Pdt. Hiskia Rollo dan unsur Forkompimda Papua Barat.

"Dalam Ulang Tahun PGGP Papua Barat yang ke-10 ini, menjadi tindak lanjut dari hubungan kerjasama yang sedang dibangun oleh PGGP Papua Barat dan Papua yang melakukan kunjungan silahturami ke Istana Wakil Presiden beberapa waktu lalu," kata Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI, Dr. Khamami Zada.

Adapun gagasan yang disampaikan oleh PGGP Papua dan Papua Barat disambut baik oleh Bapak Wakil Presiden dan akan ditindaklajuti oleh Kementerian Lembaga terkait melalui beberapa program kerjasama yang sudah mulai dirilis tahun 2022 berupa pembentukan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dan Pelatihan-Pelatihan Vokasional di beberapa wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Zada ungkapkan bahwa Pemerintah Pusat sangat serius mendukung pembangunan tanah Papua untuk lebih maju dan sejahtera sesuai impian Gereja dan seluruh masyarakat Papua dan amanat UU OTSUS Papua.

"Karena itu Presiden Jokowi telah menerbitkan Perpres nomor 121 Tahun 2022 tentang Badan Pengarah Percepatan Daerah Otonomi Khusus Papua yang diketuai oleh Wakil Presiden RI. Diharapkan melalui BPP ini akan terjadi percepatan pembangunan di Tanah Papua untuk mencapai masyarakat Papua yang sejahtera," ucap Zada.

Dibeberkan, untuk tahun-tahun kedepan, pemerintah pusat akan fokus pada Program kemitraan bersama PGGP. Sedangkan untuk tahun ini seperti pembangunan BLK komunitas pelatihan advokasi dan rencananya tahun depan adalah pembangunan Papua Christian Center.

Hal tersebut diakui Zada sebagai jawaban atas rekomendasi yang disampaikan PGGP pada perayaan HPI beberapa waktu lalu di Papua. "Sedang dikerjakan ini menjadi kemitraan antara Setwapres dan PGGP adalah pendidikan dan sdm, Keagamaan, sosial dan kesehatan, ini merupakan rekomendasi HPI yang diajukan ke Presiden. Secara umum percepatan pembangunan ini akan me jadi seluruh lini kehidupan masyarakat di Papua dan Papua Barat untuk OAP dan menjadi progres pentung tujuan pembangunan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fransisca Kusuma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPC Granat Keerom Buka Stand di FBK VII tahun 2022

Kamis, 24 November 2022 | 12:15 WIB

Belajar Dari Daniel, Tertindas Tetap Punya Integritas

Minggu, 20 November 2022 | 18:34 WIB
X