Pangkostrad Canangkan Manunggal Air Bersih Kampung Sereh Bersama Mitra

- Rabu, 7 Desember 2022 | 15:51 WIB
Pangkostrad Canangkan Manungal Air Bersih Kampung Sereh Bersama Mitra
Pangkostrad Canangkan Manungal Air Bersih Kampung Sereh Bersama Mitra

SENTANI (LINTAS PAPUA)- Bersama dengan mitra (pengiat lingkungan, Polri, Bank Indonesia) secara simbolis Pangkostrad melakukan pencanangan Program TNI Manunggal Air Tahun di Kampung Sereh, Pemasangan pipa saluran air ini sudah di lakukan oleh Bank Indonesia sepanjang 4 Kilometer untuk 450 Kepala Keluarga di bulan November 2022. Total seluruhnya Kampung Sereh mempunyai 850 Kepala Keluarga, yang segera menikmati fasilitas air bersih. Rabu (7/12/2022)

Ondofolo kampung Sereh Yanto Eluway mengungkapkan syukur dan terimakasih kampung Sereh kampung Sereh memiliki fasilitas air bersih berkat program Pangkostrad Manungal Air.

“Selaku pimpinan adat kampung ini terimakasih untuk program pipanisasi oleh pangkostrad yang sudah di juluki Jendral Air,Hari ini program ini ada di tempat ini, masyarakat masih banyak yang hidup jauh dari sumber air, karena program percepatan di Papua melalui TNI sangat baik, mendahulukan kesejahteraan sehingga kita bisa merasakan kesejahteraan,”Ungkapnya.

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E.,menyampaikan amanat untuk merawat fasilitas air bersih agar bisa di fungsikan.

“Masyarakat berhak mendapatkan akses air, TNI AD melakukan memasang pipa yang sulit di daerah sulit air, distribusi pipa dari Jakarta, dapat di bangun lebih 200 KK, semua fasilitas di rawat baik agar dapat di gunakan dengan sebaik baiknya. Pak ondo bisa mengatur aliran air sehingga tidak ada masalah di aliran air ini,”Katanya.

Panglima Kostrad Letjen TNI, Maruli Simanjuntak M.Sc menjelaskan sudah melakukan program manungal air ini di seluruh Indonesia, program selanjutnya mengenai lingkungan.

“Pembahasan bersama UN ada 3 hal paling berpengaruh adalah : Lingkungan, kemiskinan dan air. Kita sudah membuat 770 program air untuk Indonesia, kalau kita bisa mengatur semua masalah diatas kedepannya bisa mengkondisikan lingkungan, tahun depan bisa double progresnya. Akan bertahap penyelesaiannya,”Ucapnya.

Kemudian Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua, Juli Budi Winantya pada kesempatan yang menuturkan program air bersih ini bentuk dukungan bagi masyarakat kampung Sereh bisa memulai bertani.

“Kita koordinasi dengan Kodam untuk program air bersih, masuk dalam Program sosial pemberdayaan Ekonomi, harapannya bisa untuk membantu pertanian, perkebunan, nantinya akan bertahap akan ada perkembangan, ada koordinasi di tempat lain,”Tutupnya.(Fransisca/lintaspapua.com)

Halaman:

Editor: Fransisca Kusuma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pj Bupati Jayapura Apresiasi Kodam XVII/Cenderawasih

Minggu, 5 Februari 2023 | 17:45 WIB

AMSI Raih Penghargaan Kolaborasi Covid-19 dari Menkes

Kamis, 2 Februari 2023 | 10:26 WIB

PDAM Jayapura Resmi Ganti Logo, Ini Maknanya

Minggu, 29 Januari 2023 | 20:12 WIB
X