• Sabtu, 30 September 2023

SKPD Diminta Buat Program yang Nyata untuk Masyarakat

- Sabtu, 1 April 2023 | 07:24 WIB
Suasana Penutupan Musrembang Keerom kegiatan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Sekda didampingi Waket I DPRD Keerom Kanesius Kango, Kapolres Keerom AKBP. Christian Aer, SH, SIK, Pabung Keerom Letkol Suwito dan Kepala Bapelitbangda Keerom, Yohanes Apaserai, SP, MM. (Arief Nugroho)
Suasana Penutupan Musrembang Keerom kegiatan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Sekda didampingi Waket I DPRD Keerom Kanesius Kango, Kapolres Keerom AKBP. Christian Aer, SH, SIK, Pabung Keerom Letkol Suwito dan Kepala Bapelitbangda Keerom, Yohanes Apaserai, SP, MM. (Arief Nugroho)

"Penutupan Musrembang Keerom, Sekda Ingatkan Tema Pembangunan 2024."

KEEROM (LINTAS PAPUA) - Setelah secara maraton melaksanakan Musrembang dari kampung dan distrik serta Forum Lintas Perangkat Daerah, akhirnya Musrembang Keerom Tahun 2023 yang dilaksanakan sejak kamis akhirnya resmi ditutup pada Jumat (31/3/23).

Penutupan musrembang dilakukan oleh Sekda Keerom, Trisiswanda Indra N, SPt di Aula Bapelitbangda Keerom, Jl. Transpapua, Arso. Penutupan kegiatan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Sekda didampingi Waket I DPRD Keerom Kanesius Kango, Kapolres Keerom AKBP. Christian Aer, SH, SIK, Pabung Keerom Letkol Suwito dan Kepala Bapelitbangda Keerom, Yohanes Apaserai, SP, MM.

Suasana penandatangan berita acara kesepakatan program pembangunan yang telah dibahas dalam Musrembang. Penandatangan dilakukan oleh perwakilan peserta Musrembang dari SKPD-SKPD, Distrik dan instansi terkait lainnya.
Suasana penandatangan berita acara kesepakatan program pembangunan yang telah dibahas dalam Musrembang. Penandatangan dilakukan oleh perwakilan peserta Musrembang dari SKPD-SKPD, Distrik dan instansi terkait lainnya. (Arief Nugroho)

Selanjutnya dilakukan penandatangan berita acara kesepakatan program pembangunan yang telah dibahas dalam Musrembang. Penandatangan dilakukan oleh perwakilan peserta Musrembang dari SKPD-SKPD, Distrik dan instansi terkait lainnya.

Pada arahan penutup, Sekda menyampaikan arahan sesuai pesan Bupati Keerom, yaitu agar dalam program pembangunan di Tahun 2024 yang telah dibahas dalam Musrembang, agar SKPD-SKPD melaksanakan program yang telah digariskan sesuai dengan visi misi Pemkab Keerom dan selaras dengan RPJMD Kab Kerom tahun 2021-2025.

Sekda Keerom, Trisiswanda Indra N, SPt
Sekda Keerom, Trisiswanda Indra N, SPt (Arief Nugroho)

"Seperti kita tahu, bapak bupati sangat komit untuk melakukan upaya-upaya percepatan pembangunan dan pemerataan terutama percepatan pembangunan, kesejahteraan, kesehatan dan masalah sosial lainnya hal ini juga seharusnya menjadi conceren SKPD dalam menyusun program,’’ujarnya.

Ia mengingatkan karena pendanaan yang terbatas sementara agenda-agenda kedaerahan yang penting dan juga butuh pendanaan, maka SKPD pun diminta untuk melaksanakan program yang tak perlu muluk-muluk.

Suasana Penutupan Musrembang Keerom.
Suasana Penutupan Musrembang Keerom. (Arief Nugroho)

‘’Buatlah program yang langsung mengena dan nyata bagi masyarakat. Misalnya dana otsus, misalnya membuatkan perumahan bagi warga OAP yang layak dan terintegrasi dengan fasilitas publik seperti Perumnas, dimana ada rumah-rumah penduduk, ada sekolah dan fasilitas publik lainnya,’’lanjutnya.

Sementara dalam sesi wawancara, Sekda mengemukakan bahwa Musrembang tahun 2023 dalam rangka menyusun RKPD 2024 mengacu pada tema pembangunan 2024 Inovasi dengan memanfaatkan sumber daya unggulan daerah.

‘’Selain tema prioritas tentunya kita juga harus melihat isu strategis lainnya. Di bidang pendidikan, rata-rata lama sekolah anak khususnya OAP juga harus ditingkatkan, juga masalah putus sekolah, stunting, juga masalah sosial lainnya seperti ganja dan miras, SKPD harus saling dukung dan terintegrasi agar masalah-masalah tersebut bisa tertangani baik,’’ujarnya.

Ia menambahkan bahwa menyangkut pendanaan, karena tahun 2024 ada iven pileg, Pilkada dan Pesparawi, maka masalah dana pembangunan harus dimanfaatkan dengan baik dan untuk hal-hal yang priotitas. ***(Arief Nugroho / lintaspapua.com)

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X