• Jumat, 22 September 2023

Lantik Badan Pengawas Perusda Baniyau, Ini Harapan Pj Bupati Jayapura

- Senin, 5 Juni 2023 | 12:51 WIB
Nampak Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., ketika melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan Badan Pengawas Perusda Baniyau Kabupaten Jayapura periode 2023-2027, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kab. Jayapura, 5 Juni 2023.
Nampak Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., ketika melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan Badan Pengawas Perusda Baniyau Kabupaten Jayapura periode 2023-2027, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kab. Jayapura, 5 Juni 2023.

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan Badan Pengawas Perusahaan Daerah (Perusda) Baniyau Kabupaten Jayapura periode 2023-2027.


Pelantikan yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, juga dihadiri Sekda Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay dan sejumlah pimpinan OPD, serta undangan lainnya.


Badan Pengawas Perusda Baniyau yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah Ketua Nelson Yohosua Ondi, Sekretaris Rudi Afdiner Saragih dan anggota Joop Suebu.


Pelantikan Badan Pengawas Perusda Baniyau ini dilakukan demi meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor perusahaan daerah. Tak hanya itu, Badan Pengawas baru ini diharapkan mampu melakukan pengawasan Perusda menjadi lebih baik lagi.


Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo dalam pidatonya mengatakan, perusahaan daerah (Perusda) Baniyau adalah perusahaan daerah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, yang mana seluruh stakeholder perlu bersama-sama mendukung pelaksanaan fungsi dan tugas perusahaan daerah ini.


"Kita ketahui bahwa Perusda Baniyau ini merupakan perusahaan daerah sebagai pemilik pemerintah daerah. Tentunya, kita menginginkan perusahaan daerah Baniyau ini memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan kemajuan di Kabupaten Jayapura. Selain itu, juga memberikan kontribusi terhadap potensi-potensi pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Jayapura," katanya, Senin, 5 Juni 2023.


Pj Bupati Jayapura mengatakan, hari ini kita sudah sama-sama menyaksikan pelantikan Dewan Pengawas yang baru, dan setelah dilantik, Dewan Pengawas ini bisa saling bersinergi di dalam pengelolaan perusahaan daerah dan juga dalam memberikan saran terhadap kinerja perusahaan daerah.


"Tentunya, ini semua menjadi tanggung jawab sebagaimana kita ketahui tugas dan tanggung jawab dari badan pengawas. Tentunya, Perusda Baniyau dari sisi keberadaannya sebagai perusahaan daerah, yang namanya perusahaan itu orientasinya profit atau memberikan keuntungan," ujarnya.


Terhadap pengelolaan dan juga keberlanjutan perusahaan daerah tersebut, Triwarno Purnomo meminta dapat menjadi catatan dan tantangan bagi Dewan Pengawas yang baru dilantik ini agar bagaimana dewan pengawas dan juga stakeholder yang lain bisa memaksimalkan fungsi dari kinerja yang dihasilkan oleh perusahaan daerah.
Dikatakannya, segala potensi yang ada bisa dimaksimalkan dalam rangka peningkatan kinerja perusahaan daerah yang lebih baik ke depan.

"Kami harapkan adalah peningkatan kinerja perusahaan daerah yang lebih baik lagi ke depannya, sehingga kita menginginkan adanya sinergitas di dalam perusahaan daerah mulai dari manajemen, direksi dan juga badan pengawas. Harus ada sinergitas yang baik di dalam mengevaluasi kinerja perusahaan daerah, untuk mengambil langkah-langkah perusahaan yang lebih baik ke depan," harapnya.


Mantan Pjs Bupati Asmat ini menambahkan, sekali lagi dewan pengawas yang baru dapat mengoptimalkan semua potensi-potensi pendapatan yang ada di daerah ini.
"Jadikan, dewan pengawas ini adalah semata-mata untuk meningkatkan kinerja perusahaan daerah yang merupakan milik Pemda Kabupaten Jayapura. Saya hanya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada dewan pengawas yang baru dilantik.

Saya yakin dan percaya, bahwa saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan memberikan yang terbaik di dalam menjalankan fungsi badan pengawas perusahaan daerah," pungkas mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Keerom ini. (Irf /  lintaspapua.com)

Editor: Eveerth Joumilena

Artikel Terkait

Terkini

Bhabinkamtibmas Polsek Kemtuk Ajarkan Anak Baca Tulis

Jumat, 22 September 2023 | 14:36 WIB
X