Besok, 52 Masjid dan Lapangan di Kabupaten Jayapura Gelar Shalat Idul Adha

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 19:03 WIB
WhatsApp Image 2022-07-09 at 16.19.04
WhatsApp Image 2022-07-09 at 16.19.04

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Jayapura menyebut sebanyak 52 masjid di Kabupaten Jayapura bakal menggelar shalat Ied Idul Adha 2022 berjamaah pada 10 Juli 2022.
Ketua DMI Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin, S.Pd., M.M., pada Jumat 8 Juli 2022 sore mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh DMI, itu ada 52 masjid di Kabupaten Jayapura yang akan melaksanakan shalat Ied Idul Adha 1443 H/2022 M.

"Hampir semua masjid yang ada disini melaksanakan shalat Ied, dan terdata 52 yang ada di kami akan melaksanakan shalat Ied. Baik, di lapangan maupun masjid. Kalau untuk pelaksanaan shalat Ied besok (hari ini) ada empat masjid yang melaksanakan shalat Ied, yakni teman-teman dari Muhammadiyah, kemudian ada (masjid) yang di Doyo, masjid yang ada di BTN Ceria dan masjid yang ada di BTN Purwodadi," kata Sakaruddin ketika menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Sakaruddin memastikan seluruh masjid, baik itu masjid agung, swadaya, kompleks hingga lapangan menggelar shalat Ied Idul Adha, termasuk masjid yang ada di beberapa distrik.

"Masjid agung, masjid di kompleks dan lapangan yang akan melaksanakan shalat Ied Idul Adha pada esok hari 10 Juli 2022. Kalau besok (hari ini) ada empat (4) yang melaksanakan shalat Ied Idul Adha itu sudah melapor ke kami," ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Jayapura tersebut.

"Harapannya, kita merayakannya dengan suka cita. Inti dari substansi perayaan Idul Adha atau hari raya kurban ini adalah kita mengingat bagaimana pengorbanan Nabi Ibrahim AS, yang mengorbankan segala-galanya demi umat (Islam) ini mendapatkan rahmat dari Allah SWT," sambung Sakaruddin.

Masjid Agung Al-Aqsha di Kota Sentani pun dipastikan menggelar shalat Idul Adha pada 10 Juli 2022. Selain masjid, lapangan kembali melaksanakan shalat Ied Idul Adha berjamaah.

Sementara itu, terkait pelaksanaan kurban di masjid-masjid, pihaknya mendapat laporan sebanyak 28 masjid akan melaksanakan kurban.

"Sudah masuk ada 28 masjid yang sudah memberikan laporan, dan jumlah hewan kurban sapi itu 70-an ekor sapi. Kami yakin besok jumlah hewan kurban ini pasti bisa bertambah. Jadi, 28 masjid sudah melapor tuk pelaksanaan shalat dan penyembelihan hewan kurban. Itu rata-rata ada 20 ekor sapi setiap satu masjid, jadi kurang lebih ada 70 ekor hewan kurban dan biasanya itu sampai 200 lebih hewan kurban," kata Sakaruddin.

Terkait pelaksanaan kurban, pihaknya merencanakan akan mengkurbankan 3 ekor sapi dan akan dibagikan di tiga distrik, yakni Distrik Sentani, Distrik Sentani Timur dan Distrik Sentani Barat, serta warga di sekitar masjid yang dijadikan tempat penyembelihan hewan kurban. (Irf / lintaspapua.com)

Editor: ADMIN WEB

Terkini

Pj Bupati Jayapura Diminta Bekukan Dana Hibah KNPI

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:47 WIB
X