• Kamis, 8 Desember 2022

Timothius Demetouw Sebut Presiden Jokowi Usul Pembukaan KMAN Dipindahkan ke Stadion Lukas Enembe

- Kamis, 8 September 2022 | 05:03 WIB
Ketua Panitia Lokal KMAN VI yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw. (Irfan / lintaspapua.com)
Ketua Panitia Lokal KMAN VI yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw. (Irfan / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Ketua Panitia Lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI Wilayah Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan agar pembukaan KMAN VI Tahun 2022 di Wilayah Adat Tabi, Papua bisa menggunakan Stadion Lukas Enembe, di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura pada 24 Oktober 2022 mendatang.

Baca Juga: Sekretariat Presiden Menjadi Garda Depan dalam Pemanfaatan EBT

"Itu memang merupakan usul dari pak presiden dengan melihat, bahwa tempat di Istora Papua Bangkit atau Stadion Lukas Enembe memiliki kapasitas yang memadai dan juga sangat representatif. Serta, mungkin sangat lebih baik kalau digunakan di sana," ujar Timothius Demetouw ketika menjawab pertanyaan wartawan media online, Rabu, 7 September 2022, di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Usulan pembukaan KMAN VI Tahun 2022 di Kompleks Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura itu terungkap saat pihak KSP melakukan pertemuan dengan Panitia Lokal KMAN VI Tahun 2022 Wilayah Kabupaten Jayapura, di Sekretariat KMAN VI, di Tribun Barat Stadion Barnabas Youwe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, baru-baru ini.

Suasana pertemuan dengan KSP (Irfan)

Adapun Panitia Lokal KMAN VI, kata dia, sempat memikirkan pilihan lokasi pembukaan kongres adat itu di Stadion Utama Lukas Enembe. Namun dengan berbagai pertimbangan daripada proses perizinan dari Pemprov Papua yang membutuhkan waktu.

"Maka itu, kami melakukan koordinasi dengan Ketua Umum Panitia KMAN VI yang juga Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw," katanya.

Baca Juga: Jika Smelter Gresik Beroperasi 2024, Diyakini Nilai Ekspor PT. Freeport Indonesia Capai 448 Triliun Rupiah

"Dengan demikian, memutuskan pilihan pada Stadion Barnabas Youwe sebagai lokasi pembukaan KMAN VI dan Pemda Kabupaten Jayapura pun ikut memberikan dukungan. Sehingga kami dari panitia memilih untuk menggunakan Stadion Barnabas Youwe," tambah pria yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan.

Sumber: Irfan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X