• Selasa, 29 November 2022

Dewan Presidium Pusat Masyarakat Adat Tabi Dukung Kongres Masyarakat Adat Nusantara

- Jumat, 30 September 2022 | 06:59 WIB
Siap dukung Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke VI di Papua. (Foto AMAN Nusantara )
Siap dukung Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke VI di Papua. (Foto AMAN Nusantara )

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Dewan Presidium Pusat Masyarakat Adat Tabi ( DEPMATA ), siap menyambut dan akan memberikan dukungan pada Kongres Masyarakat Adat Nusantara (K-MAN) ke VI yang akan berlangsung bulan pada, 24 - 30 Oktober 2022 nanti.

Dukungan yang diberikan berupa pokok pikiran ( Pokir ) dan keterlibatan langsung Masyarakat Adat Tabi pada K-MAN itu sendiri, Pokir apa saja yang akan menjadi rekomendasi DEPMATA itu akan dibahas dalam kegiatan Seminar dan Loka Karya Wawasan Anak Tabi, yang akan berlangsung pada, 9-11 September 2022, di Kampung Wisata Tablanusu Distrik Depapre.

Dibahasnya Pokir yang akan menjadi rekomendasi DEPMATA kepada K-MAN itu, karena dalam kegiatan itu akan hadir menjadi narasumber dan peserta yang merupakan utusan kaum intelektual dari setiap Masyarakat Adat Tabi, dengan mengutus 20 orang dari 4 Kabupaten dan Kota se- wilayah Adat Tabi, juga turut hadir para simpatisan.

Secara umum, menurut Ketua Panitia Seminar dan Loka Karya Wawasan Anak Tabi, Otis Suwae,pada saat jumpa pers, di halaman gunung merah Kantor Bupati Jayapura Rabu, 7 September 2022, dimana dalam Pokir akan dimuat sebuah wawasan kebangsaan, wawasan masyarakat adat serta keragaman adat dan budaya.

Lanjut, dalam wawasan kebangsaan berkonsep pada Tanah Adat Tabi adalah rumah besar kita bersama, yang artinya siapapun dia yang lahir,besar dan hidup di atas tanah ini sepatutnya mengikuti aturan - aturan adat yang berlaku di atas Tanah Adat Tabi dan tetap menjaga serta menghormati keragaman adat dan budaya nusantara.

Sedangkan, dalam wawasan Masyarakat Adat Tabi berkonsep pada, Masyarakat Adat Tabi harus bangkit membangun daerahnya sendiri, yang artinya Masyarakat Adat Tabi, tidak lagi sebagai objek melainkan berperan sebagai subjek juga, Masyarakat Adat Tabi saatnya berperan aktif dalam semua bidang membangun daerahnya sendiri.

Ketua Panitia, mengucapkan terima kasih atas semua delegasi dan narasumber dari 4 Kabupaten dan 1 Kota yang bersedia hadir pada acara Seminar dan Loka Karya Wawasan Anak Tabi, Ia juga sangat mengapresiasi dan ucapkan terima kasih kepada semua anak Tabi yang telah mendukung berlangsungnya kegiatan tersebut.

Ia juga, menghimbau kepada semua Anak Adat Tabi mari bersama sukseskan Seminar dan Loka Karya Wawasan Anak Tabi serta Ivent Akbar yang akan berlangsung di tanah Tabi yaitu Kongres Masyarakat Adat Nusantara (K-MAN) ke VI pada bulan Oktober nanti. (Vihky / lintaspapua.com)

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Vihky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X