• Minggu, 2 Oktober 2022

Majukan Pariwisata di Danau Sentani, Dishub Bangun Dermaga Beton di Kampung Abar

- Jumat, 16 September 2022 | 00:00 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, S.IP, MKP bersama Ondoapi, Kepala Kampung, Ketua Jemaat, dan para pihak sedang menyaksikan proses penancapan tiang pancang utama pertanda dimulainya pembangunan dermaga Kampung Abar, Kamis, 15 September 2022 (Irfan)
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, S.IP, MKP bersama Ondoapi, Kepala Kampung, Ketua Jemaat, dan para pihak sedang menyaksikan proses penancapan tiang pancang utama pertanda dimulainya pembangunan dermaga Kampung Abar, Kamis, 15 September 2022 (Irfan)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan membangun dermaga beton di Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pembangunan dermaga tersebut, untuk mendukung pengembangan kepariwisataan dan juga memajukan pariwisata di kawasan Danau Sentani.

Sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Pemkab Jayapura, Kampung Abar merupakan salah satu kampung destinasi wisata dari 5 kampung destinasi yang ada. Kampung Abar menjadi destinasi wisata, karena di 193 kampung dan 5 kelurahan di daerah ini, hanya di Kampung Abar saja terdapat bahan baku dan gerabah.

Bahan baku gerabah, tetapi juga ada pernak-pernik dan perabotan yang dibuat dari gerabah oleh masyarakat setempat yang memiliki keunikan tersendiri dan dari keunikan itulah membuat Kampung Abar menjadi salahsatu kampung tujuan destinasi wisata dari para wisatawan, baik wisatawan lokal, nasional, manca negara hingga wisatawan berskala internasional.

Melihat peluang pengembangan kepariwisataan itu, pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jayapura tergerak membangun dermaga beton di Kampung Abar. Dengan hadirnya dermaga tersebut, dapat memberikan dampak postif dalam rangka pengembangan Kampung Abar sebagai kampung wisata.

Pembangunan dermaga beton itu sendiri di mulai dengan penancapan tiang pancang utama, yang seremonialnya berlangsung pada Kamis, 15 September 2022 di Kampung Abar, Distrik Ebungfauw dan disaksikan oleh semua pihak, baik pihak adat, gereja, pemerintah dan seluruh stakeholder masyarakat kampung setempat.

Dalam prosesi pencanangan pembangunan dermaga, Ondoafi Kampung Abar, Korneles Doyapo melalui salah satu kepala suku yakni, Naftali Felle atas nama Adat, Agama dan Pemerintah mengatakan, penancapan tiang pertama tanda dimulainya rehabilitasi pembangunan dermaga kampung Abar, Distrik Ebungfauw ini dilakukan atas persetujuan semua para pihak.

“Atas nama Adat, Gereja, Pemerintah dan seluruh masyarakat kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura, yang mana melalui Dinas Perhubungan dapat memperhatikan kampung kami dengan pembangunan dermaga beton,” ucapnya.

Dirinya menyebut, bahwa dari 23 kampung yang ada di pelataran Danau Sentani, Kampung Abar dianggap sebagai kampung yang kecil dan terbelakang. Kendati demikian, perlahan-lahan image atau anggapan orang tersebut dapat terbantahkan dengan masuknya berbagai jenis pembangunan yang membuat perubahan-perubahan luar biasa.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan.

Sumber: Irfan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinas Kehutanan sebagai Mitra GKI Se - Tanah Papua

Sabtu, 24 September 2022 | 13:50 WIB
X