• Minggu, 2 Oktober 2022

2.600 Orang Peserta Sarasehan KMAN VI Akan Inap di 10 Kampung

- Sabtu, 17 September 2022 | 12:06 WIB
Koordinator Bagian Akomodasi pada Bidang Akomodasi, Infrastrukur, Perlengkapan dan Logistik Panitia Lokal KMAN VI Kabupaten Jayapura, Bambang Zulhadi, S.T. (Irfan)
Koordinator Bagian Akomodasi pada Bidang Akomodasi, Infrastrukur, Perlengkapan dan Logistik Panitia Lokal KMAN VI Kabupaten Jayapura, Bambang Zulhadi, S.T. (Irfan)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Panitia Lokal KMAN VI Kabupaten Jayapura melalui Bidang Akomodasi, Infrastrukur, Perlengkapan dan Logistik menegaskan, sekitar 1.500 hingga 2.600 orang peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI akan menginap di rumah-rumah masyarakat adat selama dua hari di 10 titik lokasi (kampung) yang menjadi tempat sarasehan.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Akomodasi pada Bidang Akomodasi, Infrastrukur, Perlengkapan dan Logistik Panitia Lokal KMAN VI Kabupaten Jayapura, Bambang Zulhadi, S.T., saat dikonfimasi wartawan di Kota Sentani, Distrik Sentani, usai mengikuti Rapat KMAN VI yang berlangsung di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, 16 September 2022.

"Kebijakan terkini menyangkut dengan akomodasi untuk KMAN VI pada bulan Oktober 2022 mendatang, semua peserta akan tinggal (inap) di rumah-rumah penduduk yang ada di 10 titik lokasi (kampung) sebagai tempat sarasehan kongres adat tersebut," kata Bambang Zulhadi.

10 titik lokasi (kampung) sarasehan yang ada di Kabupaten Jayapura tersebut berada di empat (4) distrik, yakni di Kampung Sereh, Kampung Hobong, Kampung Yokiwa, Kampung Ayapo, Kampung Nendali, Kampung Yakonde, Kampung Bambar, Kampung Dondai, Kampung Putali dan Kampung Simforo.

"Ada 10 kampung yang ditempati atau ditinggali oleh peserta saat mengikuti sarasehan di 10 titik lokasi. Salah satunya di Obhe Kampung Sereh ini, ada sebagian peserta juga yang tinggal di rumah penduduk yang ada di Kampung Sereh," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya atau tim kerja dari Bidang Akomodasi sedang melakukan pendataan terhadap rumah-rumah penduduk yang ada di 10 kampung sebagai lokasi sarasehan.

"Sementara itu, tim kerja dari bagian akomodasi yang khusus membidangi untuk rumah-rumah penduduk itu sedang berjalan melakukan pendataan hingga hari Minggu (18/9) lusa dan di hari Senin 19 September 2022 pekan depan akan melaporkan kemampuan kapasitas dari daya tampung dari rumah-rumah penduduk yang ada di 10 kampung tersebut," ujarnya.

"Jadi, ada sekitar 540-an rumah yang layak sudah siap. Targetnya sekitar 1.500 sampai 2.600 orang peserta sarasehan KMAN VI itu harus tinggal (inap) bersama-sama masyarakat di kampung selama dua hari mulai tanggal 25 hingga 26 Oktober 2022 mendatang," imbuh pria yang juga Ketua PHRI Kabupaten Jayapura itu menambahkan.

Bambang menjelaskan, sebelum sarasehan atau H-3 pelaksanaan KMAN VI hingga pembukaan KMAN VI itu ribuan peserta akan menginap di hotel-hotel melati, asrama dan wisma atlet.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan.

Sumber: Irfan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinas Kehutanan sebagai Mitra GKI Se - Tanah Papua

Sabtu, 24 September 2022 | 13:50 WIB
X