• Sabtu, 1 Oktober 2022

Kampung Yakonde Bangun Empat MCK Umum di Lokasi Sarasehan KMAN VI 2022

- Selasa, 20 September 2022 | 22:11 WIB
ondofo dan masyarakat Adat Kampung Yakonde menyiapkan empat unit MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) di lokasi serasehan. (Irfan/Lintas Papua)
ondofo dan masyarakat Adat Kampung Yakonde menyiapkan empat unit MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) di lokasi serasehan. (Irfan/Lintas Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Menjelang pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI tahun 2022 yang akan berlangsung di tanah Tabi Oktober mendatang, ondofo dan masyarakat Adat Kampung Yakonde menyiapkan empat 4 unit MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) di lokasi serasehan.

Kampung Yakonde, sebagai salah satu dari 12 lokasi serahsehan, kini mulai berbenah dalam menyambut Ivent Nasional Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI yang akan berlangsung 24-30 oktober 2022 di Tanah Tabi , Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Ondofolo Yakonde, Nikolas Daimoe melalui juru bicara Khoselo Douge Imea Kampung Yakonde, Donald Tungkoye, mengatakan lokasi serasehan di lapangan futsal, di Gereja GKI Ebenhaezer Yakonde. Di tempat itu juga akan ada tempat Konsumsi dan MCK serta Kamar mandi peserta.

“Tempat serasehan akan kami tata di lapangan futsal di depan gereja. Di sekitar itu juga, ada empat MCK umum yang sedang diKerjakan dan harus di selesaikan dalam dua minggu ini “ungkap Donald Tungkoye senin, 19 September 2022.

Lanjut Donald Tungkoye, selain fasilitas penunjang di lokasi serahsehan, pihak Adat dan Pemerintah Kampung juga menyiapkan kurang lebih 50 unit rumah warga sebagai tempat penginapan peserta serasehan yang akan berlangsung selama dua hari di Kampung Yakonde.

“Untuk penginapan, kami siapkan 50 unit rumah, termasuk rumah-rumah kepala suku termasuk di dalamnya ada MCK,“ ujar Donald Tungkoye.

Kepala Kampung Yakonde, Yakub Daimoe mengakui untuk penyelenggaraan Kongres Masyarakat Adat Nusantara pihaknya menyiapkan Rp 200 juta dalam menunjang suksesnya serasehan yang akan berlangsung di Kampung Yakonde.
Dana tersebut menurut Yakob Daimoe, diambil dari empat program kerja yakni pekerjaan pembangunan fisik seperti penyiapan MCK, Air bersih serta program wisata , serta rehabilitasi rumah-rumah kepala suku serta ondofolo di Kampung Yakonde .

“MCK ada 5 unit, di tempat serasehan. Baru satu yang kami bangun dengan empat kopel. Total anggaran Rp 15 juta. Ada dana lain yang kami alihkan untuk membangun ini. Sementara airs bersih, kami anggarkan Rp 15 juta jadi total 30 juta, “ungkap Donda Yabub Daimoe.

Kata Yakub Daimoe, pihaknya mengalami kendala dari sisi penganggaran dalam mempersiapkan infrastruktur kampung jelang KMAN VI, meski demikian, Yakonde sebagai lokasi serasehan sehingga kami lakukan pergeseran anggaran dana Kampung untuk mengerjakan teras rumah Kepala Suku .

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan.

Sumber: Irfan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinas Kehutanan sebagai Mitra GKI Se - Tanah Papua

Sabtu, 24 September 2022 | 13:50 WIB
X