• Rabu, 5 Oktober 2022

Dinas PUPR Kabupaten Jayapura Bangun Tempat Saresehan di Ayapo

- Kamis, 22 September 2022 | 17:24 WIB
Bangunan atau tempat untuk sarasehan yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) kabupaten Jayapura di Kampung Ayappo (Irfan/Lintas Papua)
Bangunan atau tempat untuk sarasehan yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) kabupaten Jayapura di Kampung Ayappo (Irfan/Lintas Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Bangunan atau tempat untuk sarasehan yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) kabupaten Jayapura di Kampung Ayapo sudah mencapai 80 persen siap di saat pelaksaanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Hal itu di ungkapkan Kepala Kampung Adat Hedam Ayapo Lewi Puhili di Obhe Ondoafi Kampung Ayapo, Kamis, 21 September 2022. "Tempat sarasehan yang dibangun PUPR sudah mencapai 80 persen dan hampir selesai,” kata Kepala Kampung Adat Ayapo Lewi Puhi.

Alasan pembangunan tempat serasehan yang lebih besar , dikarenakan kondisi Obhe atau rumah Adat Keondofoloan Kampung Ayapo tidak mampu menampung peserta serasehan, sehingga dibangun yang baru dengan kapasitas dapat menampu 300 peserta .

"Obhe kecil, Obhe kami gunakan untuk menampung tamu-tamu utama yang akan menginap di Kampung Ayapo " ungkap Lewei Puhili

Menjelang Pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI ini, pihak pemerintah Kampung Adat Ayapo juga menyiapkan kurang lebih 12 rumah masing-masing rumah dinilai layak karena memiliki fasilitas seperti kamar mandi dan MCK, guna menampung ratusan peserta serasehan yang akan datang menginap di Kampung Ayapo,.

"Kami siap 12 rumah. Ada rumah-rumah kepala suku, dan Obhe sendiri sebagai tempat nginap tamu peserta serahsehan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi peserta yang bergama muslim, pihaknya juga akan segera membuat Musala guna mengahragai saudara-saudara Masyarakat Adat Nusantara yang bergama Muslim. ***

Editor: Muhammad Irfan.

Sumber: Irfan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kuliner Swamening Diharapkan Masuk Pasar Modern

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:14 WIB
X