• Rabu, 5 Oktober 2022

Menelusuri Wilayah Adat di Danau Sentani

- Kamis, 22 September 2022 | 18:17 WIB
Potret Danau Sentani (Vihky/Lintas Papua)
Potret Danau Sentani (Vihky/Lintas Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke – IV akan digelar di Tanah Tabi, khususnya di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Di Kabupaten Jayapura, ada 10 kampung yang akan dijadikan tempat serasehan. Dan dua kampung lainnya ada di Kota Jayapura.

Sebagai gambaran untuk kampung-kampung, khususnya di Kabupaten Jayapura, berikut ini, ikutilah secuil catatan dari Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura, Elvis Kabey untuk menelusuri wilayah adat di Danau Sentani.

Dari catatan Elvis Kabey, S.Sos., M.Si, bahwa Suku Bhuyakha yang dalam bahasa Indonesia disebut orang Sentani. Kata Bhuyakha, terdiri dari dua kata, yaitu Bhu berarti Air dan Yakha berarti Hamparan.

Secara umum, Bhuyakha adalah istilah lokal yg digunakan untuk menyebut hamparan perairan Danau Sentani yang memanjang dari Timur ke Barat.

Elvis Sebastian Kabey, S.Sos., M.Si, Kepala Bidang Kebudayaan Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura (Vihky/Lintas Papua)

Di wilayah perairan Danau Sentani paling Timur atau dalam bahasa lokal disebut Ralibhu terdapat beberapa kampung yaitu: Kampung Yoka yang sering juga disebut dengan Hebeaibhulu. Kemudian, bergeser ke sisi utara, ada kampung Waena. Lalu ke bagian barat ada kampung Kleublouw, kemudian Kampung Nolokhlaa yang sering disebut dengan Kampung Harapan. Kampung Harapan ini diapit oleh dua sungai yaitu sungai Makhenwai di sebelah Timur dan sungai Yabhawi di sebelah Barat.

Kemudian kampung berikutnya di sebelah Barat yaitu kampung Nendali yang sering disebut Kampung Netar. Masih di wilayah Danau Sentani bagian Timur ada Kampung Ohey di Pulau Ohey yang merupakan pulau induk penyebaran budaya dan orang di wilayah ini. Pulau Asey terdapat di tengah danau dan di sebelah Timur terdapat pulau kecil yang disebut pulau Renayebhey dan di sebelah Barat dari pulau Ohey juga terdapat pulau kecil yang disebut pulau Wayo.

Ke sebalah Selatan dari ketiga pulau itu, terdapat Kampung Yafo yang disebut kampung Ayapo. Di sebelah Selatan dari Kampung Ayapo, ada pulau wisata kecilnya yaitu Pulau Hosena.

Kemudian, sekitar 7 km kebagian Selatan dari Pulau wisata Hosena, terdapat dua kampung yaitu : Kampung Bhuwai yang oleh banyak orang disebut dengan Kampung Puay dan ke sebelah Selatannya terdapat kampung Yokiwa.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Vihky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kuliner Swamening Diharapkan Masuk Pasar Modern

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:14 WIB
X