• Jumat, 7 Oktober 2022

Jelang KMAN VI, Mathius Awoitauw Lakukan Pertemuan Bersama Paguyuban Nusantara

- Jumat, 23 September 2022 | 18:31 WIB
Foto bersama Ketua Umum Panitia KMAN VI yang juga Bupati Jayapura Mathius Awoitauw beserta tokoh-tokoh masyarakat perwakilan Paguyuban Nusantara (Irfan/Lintas Papua)
Foto bersama Ketua Umum Panitia KMAN VI yang juga Bupati Jayapura Mathius Awoitauw beserta tokoh-tokoh masyarakat perwakilan Paguyuban Nusantara (Irfan/Lintas Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Sebagai upaya mensukseskan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke- VI tahun 2022 yang akan berlangsung pada bulan Oktober 2022 dan melibatkan peran serta yang akan dilakukan Paguyuban Nusantara, Ketua-ketua Paguyuban Nusantara bertemu Ketua Umum Panitia KMAN VI Mathius Awoitauw.

Pertemuan yang dilaksanakan pada Jumat, 23 September 2022 sekitar pukul 15.30 WIT, di salah satu Room Meeting Suni Garden Lake Hotel & Resort, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, sekaligus Panitia Lokal KMAN VI lakukan sosialisasi terkait update progres KMAN VI dan peran yang akan dilakukan oleh Paguyuban Nusantara dalam pelaksanaan kongres masyarakat adat tersebut.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum KMAN VI yang juga Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., dan dihadiri Sekretaris Umum Panitia KMAN VI J. Septer Manufandu, Ketua AMAN Jayapura Benhur Wally, juga turut dihadiri Ketua BPD Forum Sopan Kabupaten Jayapura Abd. Karim beserta jajaran pengurus dan pengurus Forkom Lintas Kerukunan Nusantara (LKN) Provinsi Papua.

Kepada wartawan, Ketua Umum Panitia KMAN VI Mathius Awoitauw mengatakan, pertemuan ini untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan KMAN VI sekaligus koordinasi serta menyampaikan peran apa yang akan dilakukan Paguyuban Nusantara dalam mensukseskan kongres masyarakat adat tersebut.

Suasana pertemuan Ketua-ketua Paguyuban Nusantara dengan Ketua Umum Panitia KMAN VI Mathius Awoitauw Sebagai upaya mensukseskan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke- VI tahun 2022 (Irfan/Lintas Papua)

"Ini (pertemuan) merupakan juga permintaan dari teman-teman Paguyuban Nusantara yang tergabung dalam Forum Lintas Kerukunan Nusantara (LKN) Provinsi Papua. Di mana, pada saat pelantikan pengurus Forum LKN beberapa waktu lalu itu saya diundang untuk mensosialisasikan tentang kongres masyarakat adat nusantara di Sasana Krida," terang Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura.

"Saat itu juga mereka tertarik sekali untuk terus berkoodinasi dan kemarin mereka minta cari waktu untuk lakukan pertemuan. Sehingga saya bilang hari ini saja, meskipun acaranya bertabrakan hari ini," jelasnya menambahkan.
Lanjut Mathius menyampaikan hasil dari pertemuan ini, Paguyuban Nusantara yang tergabung dalam Forum LKN Papua dan BPD Forum Sopan Kabupaten Jayapura sangat senang sekali terlibat dalam menyukseskan kongres masyarakat adat ini.

"Intinya, mereka sangat senang untuk berpartisipasi. Mereka juga sudah siap dan sudah buat grup Whatsapp (WA) sendiri dengan panitia lokal sini, apa yang harus mereka backup untuk mendukung dan mereka juga akan ambil bagian di beberapa titik lokasi pelaksanaan kongres, guna mendukung panitia secara bersama-sama," ungkapnya.

"Saya juga melihat ada satu hal yang sama itu adalah spirit dari mereka, juga forum mereka ini mempunyai tujuan dan kerinduan yang sama, bagaimana Papua ini bisa damai, kita semua bersaudara dan Papua ini bisa kondusif untuk aktivitas-aktivitas lain bisa jalan terus. Itulah kerinduan mereka, dan kongres ini punya pesan yang sanga kuat. Yaitu, bagaimana keberagaman ini menjadi kekuatan untuk kita bangun terus kedepan," sambungnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan.

Sumber: Irfan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kuliner Swamening Diharapkan Masuk Pasar Modern

Senin, 3 Oktober 2022 | 18:14 WIB
X