• Senin, 5 Desember 2022

IKEMAL Kabupaten Jayapura Siap Sambut Peserta KMAN VI Asal Maluku di Tanah Tabi

- Sabtu, 24 September 2022 | 18:45 WIB
Suasana pertemuan antara sesepuh, ketua-ketua pilar dan dewan pembina, serta pengurus IKEMAL Kabupaten Jayapura yang dipimpin oleh Ketua IKEMAL Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu, guna membahas dukungan IKEMAL terhadap pelaksanaan KMAN VI (Irfan/Lintas Papua)
Suasana pertemuan antara sesepuh, ketua-ketua pilar dan dewan pembina, serta pengurus IKEMAL Kabupaten Jayapura yang dipimpin oleh Ketua IKEMAL Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu, guna membahas dukungan IKEMAL terhadap pelaksanaan KMAN VI (Irfan/Lintas Papua)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Kabupaten Jayapura menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI Tahun 2022 di Wilayah Adat TABI, Papua, yang direncanakan pada 24-30 Oktober 2022.

Dukungan IKEMAL Kabupaten Jayapura terkait dengan penjemputan dan penyambutan peserta kongres masyarakat adat asal provinsi berjuluk "Seribu Pulau" ini sekaligus ajang silaturrahmi dengan masyarakat Maluku di Tanah Tabi, Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura.

Ketua IKEMAL Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu menyebutkan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan para sesepuh dan pengurus, untuk memutuskan peran IKEMAL selama event KMAN VI di Kabupaten Jayapura.

"Jadi, tadi (kemarin) kami sudah adakan pertemuan dan dalam pertemuan itu juga sudah dibicarakan untuk persiapan kita menyambut kongres masyarakat adat nusantara keenam. Para sesepuh, ketua-ketua pilar dan dewan pembina dan sejumlah pengurus IKEMAL mencoba untuk bagaimana menyikapi pelaksanaan KMAN ini. Karena kita sadari, bahwa nantinya yang akan datang kesini juga kita punya masyarakat dari Maluku," kata Herald Berhitu ketika ditanya wartawan media online ini, di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, kemarin malam.

Suasana foto bersama IKEMAL Kabupaten Jayapura (Irfan/Lintas Papua)

"Kami antisipasi itu dengan melakukan pertemuan ini, dan kita berbicara untuk bagaimana penyambutan dan penjemputan peserta KMAN dari Maluku itu," tambahnya dengan singkat.

Herald sapaan akrabnya mengakui belum mendapat data pasti berapa jumlah komunitas masyarakat adat di Maluku yang akan terlibat, begitupun juga dengan jumlah peserta kongres asal Maluku yang akan hadir mengikuti pelaksanaan KMAN VI. Namun, pihaknya telah siap untuk menjemput dan menyambut kedatangan mereka nanti saat tiba di Bumi Khenambay Umbay.

Lanjutnya, penyambutan terhadap masyarakat adat asal Maluku, akan dilakukan dengan nuansa adat Maluku, serta tari-tarian adat saat menyambut para tamu kongres masyarakat adat dari kampung halaman.

"Kami belum dapat data fix berapa yang akan terlibat, juga dengan jumlah peserta KMAN asal Maluku yang akan hadir ikut pelaksanaan KMAN VI. Tapi terlepas dari semua itu, kami IKEMAL Kabupaten Jayapura telah siap sambut kedatangan saudara-saudara kita saat tiba disini," akunya.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan.

Sumber: Irfan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X