• Selasa, 29 November 2022

Pemuda Adat Suku Yewena Yonsu Dukung Kongres Masyarakat Adat Nusantara

- Jumat, 30 September 2022 | 06:49 WIB
Ketua PASYY, Saniel Ovide, saat dIwawancara. (KMAN Official )
Ketua PASYY, Saniel Ovide, saat dIwawancara. (KMAN Official )

 

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Pemuda Adat Suku Yewena Yonsu (PASYY) menyambut dengan semangat penyelenggaraan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN ) ke VI yang akan berlangsung pada, 24 - 30 Oktober 2022, di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Hal dituturkan oleh Ketua PASYY, Saniel Ovide, saat ditemui pada sela-sela kegiatan Kongres I Pemuda Adat Tabi Papua di Balai Diklat, Kota Jayapura pada 7 September 2022 lalu.

Baca Juga: Istilah Asli Kali Biru di Berap Dalam Bahasa Nimboran Adalah Nggam yang Artinya Pemberian Tuhan

Secara khusus, PASYY tidak terlibat langsung dalam persiapan kegiatan KMAN VI, namun Saniel mengutarakan bahwa itu sudah menjadi tanggung jawab para pemuda adat sebagai tuan rumah untuk berkontribusi, salah satunya kampanye lewat media sosial.

Menurutnya, pemuda adat juga mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan kepada masyarakat luas tentang KMAN VI dengan menggunakan media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

“Salah satu kontribusi yang kami (sebagai) pemuda adat lakukan untuk membantu menyukseskan KMAN VI di Kabupaten Jayapura, adalah dengan menulis banyak postingan dan membantu membuat membuat konten budaya orang Papua dan kekayaan alam Papua untuk dibagikan di media sosial agar masyarakat dapat mengetahui apa arti dari kehadiran KMAN VI di Papua terkhusus di Tanah Tabi, Jayapura dan Kota Jayapura,” kata Saniel.

Baca Juga: Persipura Hanya Mampu Berbagi Poin Imbang 1 -1 Bersama PDS di Stadion Lukas Enembe

Ketika disinggung mengenai persiapan, ia mengatakan kalau PASYY tidak memiliki persiapan khusus, tetapi, pihaknya akan memanfaatkan potensi dari pengelolaan sumber daya alam yang ada, misalnya wisata pantai dan kuliner berupa makanan tradisional, untuk dipamerkan dalam pesta adat KMAN VI.

“Kami mempersiapkan sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk dipamerkan di KMAN VI. Kami merasa ini sebagai salah satu momen yang tepat untuk kami melakukan kontribusi secara tidak langsung kepada masyarakat luas,” ucap Saniel.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X