• Selasa, 29 November 2022

18 Parpol di Kabupaten Jayapura Ikuti Sosialisasi Verifikasi Administrasi Masa Perbaikan Bersama KPU

- Kamis, 29 September 2022 | 08:53 WIB

 Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM pada KPU Kabupaten Jayapura Lodik Y. M. F. Ap.

18 Parpol di Kabupaten Jayapura Ikuti Sosialisasi Verifikasi Administrasi Masa Perbaikan Bersama KPU Kab. Jayapura 

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Sebanyak 18 dari 24 partai politik mengikuti sosialisasi tahapan verifikasi administrasi masa perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan bagi peserta partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2024, yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura di Ballroom Lantai 6 Hotel Horison Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 26 September 2022.


18 partai politik itu diantaranya Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Hanura, PPP, PDI Perjuangan dan Partai NasDem.


Dalam kegiatan tersebut dihadiri Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Kabupaten Jayapura Efra Tunya, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Drs. H. Muhammad Amin, ketua-ketua, sekretaris dan LO partai politik se- Kabupaten Jayapura.


Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Kabupaten Jayapura Efra Tunya melalui Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM pada KPU Kabupaten Jayapura Lodik Y. M. F. Ap., mengungkapkan, rapat koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan pihaknya ini merupakan tahapan partai politik dalam kontestasi pemilihan umum 2024.
"Karena tahapan verifikasi administrasi masa perbaikan ini menjadi penentuan yang akan menjadikan lolos tidaknya partai politik masuk ke dalam pemilihan umum 2024," kata Lodik Ap, ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini, Senin, 26 September 2022.
Lanjut Lodik menambahkan, tahapan verifikasi masa perbaikan dimulai dari tanggal 15 hingga 28 September 2022. Kesempatan inu menjadi penting bagi partai politik untuk menyerahkan data yang valid agar tidak ada lagi kesalahan dokumen yang tidak terpenuhi.


"Hari ini kami dari KPU melakukan sosialisasi verifikasi administrasi masa perbaikan dan juga penyampaian dokumen persyaratan bagi partai politik calon peserta Pemilu 2024. Dalam kegiatan ini, kami memberikan informasi kepada partai politik, di tahap awal itu sudah dilakukan tahapan verifikasi administrasi dan untuk tahap kedua ini adalah tahapan verifikasi administrasi masa perbaikan. Kemudian, untuk masa perbaikan ini waktunya diberikan dari tanggal 15 sampai 28 September 2022," lanjutnya.

 


"Jadi, itu saja yang kami lakukan dalam sosialisasi kali ini. Sehingga apa saja yang harus disiapkan oleh partai politik. Mungkin yang harus diperbaiki oleh partai politik itu terkait keanggotan partai politik. Yakni, kecocokan data antara KTA dengan KTP, juga harus menggunakan KTP elektronik dan ada Kartu Keluarga (KK) yang harus disiapkan. Ini yang menjadi kunci pertama, bahwa Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus yang betul-betul valid, jangan lagi ada KTP yang disalahgunakan," terang Lodik menambahkan.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Irfan

Tags

Terkini

X