• Selasa, 29 November 2022

Arahan Kemendagri, Dewan Pastikan Siap Masuk Usulan Tiga Nama Pj. Bupati Jayapura

- Rabu, 9 November 2022 | 11:38 WIB
 Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP.,M.H., saat  diwawancara. (Viktor Done )
Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP.,M.H., saat diwawancara. (Viktor Done )

SENTANI (LINTAS PAPUA)  -  Tinggal menghitung hari lagi masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Jayapura akan berakhir. Siapakah yang akan menjadi Pelaksana Tugas ( Plt ) Bupati Jayapura ?, pertanyaan itu lagi menjadi isu hangat dikalangan masyarakat Kabupaten Jayapura.

Banyak isu yang beredar kalau sudah ada beberapa nama yang dipastikan akan menjadi Plt Bupati Jayapura setelah masa jabatan Bupati berakhir, namun hal tersebut dibantah oleh Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP.,M.H., jika belum ada pernyataan atau usulan resmi.

Seusai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jayapura terkait pengusulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, Klemens Hamo, menyampaikan kepada awak media jika untuk sementara belum ada pernyataan atau usulan resmi terkait Plt, hal itu masih akan dibahas dalam waktu dekat ini, yakni tanggal, 12 November 2022.

" Pengusulan sampai saat ini belum karena Kita hari ini baru melakukan paripurna dan pengusulan pemberhentian ke Provinsi baru ke pusat, maka disitulah akan turun Pejabat Bupati" ucap Klemens Hamo, kepada awak media.

Tahapan sedang dilakukan, pengusulan Plt akan tetap dilakukan, itupun berdasarkan diskusi bersama antara Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura, akan ada tiga nama yang di usulkan sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri kepada Ketua DPRD.

Namun sesuai aturan, yang mengusulkan adalah Provinsi, hanya kebijakan Menteri Dalam Negeri saja yang suratnya ditujukan kepada Ketua DPRD untuk mengusulkan, itupun tidak secara mutlak, akan didiskusikan bersama Wakil Ketua I dan II terkait hal itu, semua keputusan secara resmi ada di Kemendagri siapa yang akan menjadi Plt Bupati Jayapura nanti.

Terkait tiga nama Plt, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura manyampaikan saat ini belum ada, " sampai saat ini belum ada tiga nama, tetapi berdasarkan surat Mendagri yang dikirim ke Ketua DPR harus mengusulkan tiga nama", tutur Klemens Hamo, Politisi dari Partai Nasdem itu. ( Viktor Done )

Editor: Eveerth Joumilena

Terkini

X