• Selasa, 29 November 2022

Mendagri Diharapkan Tetapkan Pejabat yang Berkompeten dan Berintegritas Sebagai Pj. Bupati Jayapura

- Senin, 14 November 2022 | 14:39 WIB
Ketua Umum Gapura,Jack Judzoon Puraro. (Irfan / lintaspapua.com)
Ketua Umum Gapura,Jack Judzoon Puraro. (Irfan / lintaspapua.com)


SENTANI (LINTAS PAPUA) - Jabatan Bupati Jayapura sebentar lagi akan berakhir. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka untuk menjalankan tugas-tugas bupati, diperlukan penunjukan Penjabat (Pj) Bupati, sambil menunggu bupati definitif hasil Pilkada 2024.


Penjabat (Pj) Bupati Jayapura yang dilantik nantinya tentu harus tau kondisi kedaan masyarakat Kabupaten Jayapura. Misalnya, paham betul akan kultur masyarakat, mengerti keunggulan Kabupaten Jayapura dan mampu menyatukan semua elemen masyarakat Bumi Khenambay Umbay.


Gerakan Pemuda Jayapura (Gapura) adalah salah satu ormas di Kabupaten Jayapura yang sangat mengharapkan agar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menetapkan orang yang berkompeten dan berintegritas sebagai Pj. Bupati Jayapura.


Ketua Umum Gerakan Pemuda Jayapura Jack Judzoon Puraro menegaskan, kepada mereka kandidat penjabat (Pj) kepala daerah yang ingin mengikuti Pilkada Serentak 2024 agar tidak ikut dalam bursa pemilihan penjabat (Pj) Bupati Jayapura.


Hal itu telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada (UU Pilkada).


Demikian ditegaskan Ketua Umum Gapura Jack Judzoon Puraro dalam audio rilis persnya yang dikirim ke wartawan media online ini via pesan elektronik (WhatsApp), Sabtu, 12 November 2022.


Dirinya juga menuturkan sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor: 131/2188 Otda tanggal 24 Maret 2022 tentang usulan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2022. Serta, berdasarkan pasal 79 ayat (1) Undang-Undang (UU) RI Tahun 2014 tentang pemerintah daerah yang menegaskan terkait pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 78 ayat (2) huruf A.


"Maka itu, saya harapkan kepada kandidat atau calon penjabat Bupati Jayapura yang sudah ditetapkan tersebut. Bagi mereka yang ingin mengikuti Pilkada Serentak 2024 dan mencalonkan diri sebagai Bupati Jayapura pada pesta demokrasi 2024, agar tidak turut serta atau berusaha untuk menjadi penjabat bupati," tegasnya.


"Sehingga benar-benar yang ingin menjadi penjabat Bupati Jayapura adalah orang yang murni betul-betul ingin menjabat sebagai penjabat Bupati Jayapura," tambah Jack Puraro sapaan akrabnya dengan singkat.
Kendati demikian, apabila mereka ingin maju dalam pesta demokrasi agar dapat menahan diri untuk tidak berusaha menjadi penjabat Bupati Jayapura.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Artikel Terkait

Terkini

X