• Kamis, 8 Desember 2022

45 Pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Jayapura Diberikan Pelatihan Literasi Keuangan

- Selasa, 15 November 2022 | 19:16 WIB
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop&UKM) Kabupaten Jayapura Haryanto didampingi salah satu staf Dinkop&UKM ketika memberikan arahan pada pembukaan pelatihan literasi keuangan.  (Irfan / lintaspapua.com)
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop&UKM) Kabupaten Jayapura Haryanto didampingi salah satu staf Dinkop&UKM ketika memberikan arahan pada pembukaan pelatihan literasi keuangan. (Irfan / lintaspapua.com)


Dari Kegiatan Pelatihan Literasi Keuangan yang Digelar Oleh Dinkop&UKM Kabupaten Jayapura


SENTANI (LINTAS PAPUA)  - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop&UKM) Kabupaten Jayapura memfasilitasi sebanyak 45 pelaku UMKM ikut pelatihan literasi keuangan, yang berlangsung selama dua hari sejak Selasa 15-16 November 2022.


Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop&UKM) Kabupaten Jayapura Haryanto mengatakan, ada beberapa narasumber yang berasal pihak perbankan, DPMPTSP dan akademisi Universitas Cendrawasih (Uncen).


Dalam pelatihan itu, pelaku usaha mikro diberikan pengetahuan tentang keuangan dan juga bagaimana cara mengelola uang.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop&UKM) Kabupaten Jayapura memfasilitasi sebanyak 45 pelaku UMKM ikut pelatihan. (Irfan / lintaspapua.com)

"Kami juga menghadirkan narasumber dari perbankan yang memberikan materi terkait dengan pembayaran online atau Qris,kemudian narasumber dari Uncen akan memberikan materi tentang bagaimana menentukan harga dari masing-masing produk yang akan dipasarkan dan DPMPTSP terkait pemberian NIB (Nomor Induk Berusaha)," jelasnya.


Lanjut Kadis Haryanto mengharapkan para peserta yang ikut dalam pelatihan ini agar memiliki satu pemahaman bahwa peran UMKM atau pelaku usaha mikro sangat besar dalam membangun perekonomian daerah bahkan Nasional.


“Kegiatan ini menjadi sarana dimulainya pengembangan dan pemberdayaan UMKM yang sehat di Papua khususnya Kabupaten Jayapura," ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Balitbangda Kabupaten Jayapura ini.


Ditambahkannya, pelatihan literasi keuangan ini diadakan dengan tujuan untuk melatih dan memberikan pembekalan ilmu kepada teman-teman UMKM atau pelaku usaha mikro dalam mengelola keuangannya.


“Jadi, nanti dengan adanya pelatihan mereka bisa lebih teratur dalam mengelola keuangannya secara mandiri,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X