• Selasa, 29 November 2022

Dinkes Kabupaten Jayapura Belum Temukan Kasus Muntaber Anak

- Kamis, 24 November 2022 | 12:54 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura Khairul Lie. (Irfan / lintaspapua.com)
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura Khairul Lie. (Irfan / lintaspapua.com)

 


SENTANI (LINTAS PAPUA)  - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura Khairul Lie mengungkapkan, sampai saat ini belum ada temuan atau laporan kasus muntah berak (muntaber) yang terjadi di wilayah Kota Jayapura.
"Kasusnya sampai saat ini tidak ada, Dinkes belum menerima laporan kasus muntaber dan kita masih pantau-pantau saja tuk sementara ini. Sekarang masih kasus yang biasa-biasa saja di Puskesmas," ujar Khairul Lie, kepada wartawan media online ini, kemarin.


Kendati belum ada temuan kasus muntaber, seluruh fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) seperti Puskesmas melakukan siaga melalui survei tingkat kesehatan jika nantinya ditemukan kasus tersebut.


Dirinya mengungkapkan, meskipun belum ada temuan kasus muntaber, namun upaya siaga juga tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan melalui survei tingkat kesehatan yang ada termasuk tenaga promosi kesehatan (Promkes) yang sudah tersebar di sejumlah Fasyankes seperti Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura.


"Supaya antisipasi yang kita lakukan sejauh ini melalui tenaga sanitarian kita di lapangan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya dan kebersihan sanitasi lingkungan. Termasuk stop buang air besar sembarangan dan secara masif mereka kerjakan," imbuhnya.


Menurut Khairul, pemicu terjadinya kasus muntaber saat ini, disebabkan karena kondisi sanitasi lingkungan yang kurang bersih, bisa juga karena faktor makanan yang sudah terkontaminasi bakteri, jika kasusnya terjadi secara massal. Kemudian, ketersediaan air bersih juga turut mempengaruhi faktor pemicu munculnya kasus muntaber.


Ketika ditanya mengenai ada tidaknya kasus muntaber yang terjadi di Kabupaten Jayapura beberapa tahun terakhir ini, Khairul menuturkan hingga saat ini belum ada temuan kasus tersebut, hanya saja ada kasus-kasus seperti biasa yang ditangani di Fasilitas Layanan Kesehatan seperti Puskesmas atau rumah sakit yang ada di Kabupaten Jayapura.


"Sejauh ini belum ada, kita masih sifatnya kasus-kasus biasa saja," ujarnya.


Diketahui beberapa waktu lalu muncul kasus muntaber yang menimpa sejumlah anak-anak yang ada di wilayah Kota Jayapura. Meski sudah ditangani, namun karena kondisi dan letak Kabupaten Jayapura yang berdekatan dengan Kota Jayapura tentunya harus di waspadai. (Irfan)

Editor: Eveerth Joumilena

Artikel Terkait

Terkini

X