Selama Dua Hari, Sudah Ratusan Lebih Warga Mengungsi ke Jayapura Imbas Aksi KKB

- Jumat, 13 Januari 2023 | 13:47 WIB
Suasana saat kedatangan para pengungsi dari Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, di Bandara Sentani, Base Ops Lanud Silas Papare, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, 13 Januari 2023 (Irfan)
Suasana saat kedatangan para pengungsi dari Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, di Bandara Sentani, Base Ops Lanud Silas Papare, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, 13 Januari 2023 (Irfan)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Sebanyak ratusan lebih warga di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua memilih mengungsi ke Jayapura. Mereka terpaksa mengungsi lantaran daerah tersebut dianggap tidak aman, pasca Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan pembakaran terhadap Kantor Disdukcapil Kabupaten Pegunungan Bintang, juga pembakaran gedung SMKN 1 dan melakukan penembakan terhadap pesawat sipil.


Terpantau sejak Kamis (12/1) sebanyak 39 orang flight pertama dan 22 orang flight kedua dan di hari Jumat (13/1) telah datang sebanyak 16 orang di flight pertama dan 26 orang di flight kedua. Sementara ada satu pesawat komersil Smart Air mengangkut 16 orang penumpang dari Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang ke Jayapura. Untuk diketahui, ratusan penumpang itu sebagian besar terdiri dari anak-anak dan perempuan.


"Ya, benar masyarakat memilih mengungsi ke Jayapura. Namun kami sendiri melalui jajaran belum mendapatkan laporan tentang latarbelakang dari para warga tersebut mengungsi. Jadi, tidak ada laporan tentang isu itu dari Kapolres Pegunungan Bintang," ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, Jumat, 13 Januari 2023.


Kabid Humas mengakui, warga yang memilih mengungsi ke Jayapura sudah terlihat di Bandara Sentani, Base Ops Lanud Silas Papare antara lain perempuan dan anak-anak. Masyarakat mulai mengungsi sejak Kamis, 12 Januari 2023 dan berbondong-bondong mengungsi dari Oksibil ke Jayapura hingga Jumat, 13 Januari 2023 dan mereka diangkut dengan pesawat Hercules milik TNI.


"Sebagian besar kemarin dan hari ini adalah anak-anak dan perempuan. Jadi, sejak dua hari mulai Kamis itu ada 104 orang untuk tiga kali penerbangan dan hari Jumat ini ada 16 orang untuk flight pertama. Totalnya itu ada 120 orang masyarakat yang turun dari Oksibil ke Jayapura," tutur Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo.


Sementara untuk Jumat, 13 Januari 2023 di flight kedua terpantau sebanyak 26 orang dan ditambah dari masyarakat sipil pendatang yang menggunakan pesawat Smart Air 18 orang.


Untuk diketahui, Kepolisian Resor (Polres) Pegunungan Bintang membenarkan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan pembakaran terhadap Kantor Disdukcapil Kabupaten Pegunungan Bintang di Oksibil pada Rabu, 11 Januari 2023 sekitar pukul 01.15 WIT.


"Ya, benar KKB kembali melakukan pembakaran di Kantor Disdukcapil yang berada di Kampung Kabiding Lokasi III, Distrik Oksibil," kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Moh Dafi Bastomi, Rabu, 11 Januari 2023.


Sebelumnya, pada Senin, 9 Januari 2023 lalu KKB juga melakukan pembakaran terhadap gedung SMKN 1 Pegunungan Bintang dan melakukan penembakan terhadap pesawat sipil.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pj Bupati Jayapura Diminta Bekukan Dana Hibah KNPI

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:47 WIB
X