Pimpin Apel Pagi, Pj Bupati Jayapura Tekankan Beberapa Hal Kepada Inspektorat

- Senin, 16 Januari 2023 | 22:44 WIB
Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si (Irfan)
Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si (Irfan)

"Sekaligus Penyerahan DPA SKPD Tahun Anggaran 2023"

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., pimpin apel pagi pekan kedua Januari 2023 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 16 Januari 2023.


Dalam apel pagi ini, Pj Bupati Jayapura menekankan beberapa hal penting yang harus dilakukan Inspektorat dalam pengawasan APBD Tahun Anggaran 2023 dan wajib didukung oleh seluruh OPD di lingkungan Pemkab Jayapura.


Triwarno Purnomo berharap Inspektorat harus mampu memberikan keyakinan yang memadai atas kepatuhan, efisiensi dan juga efektivitas pencapaian tujuan pelaksanaan tugas dan fungsi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


"Beberapa hal yang penting yang harus dilakukan Inspektorat yakni, harus memberikan pencegahan dini, peringatan dini dan meningkatkan asas manajemen resiko atas penyelenggaraan tugas dan fungsi SKPD, serta kita tingkatkan tata kelola pemerintahan yang baik," tegas Triwarno dalam arahannya pada apel pagi tersebut.

Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si menyerahkan DPA OPD Tahun 2023 saat apel pagi, Senin, 16 Januari 2023. (Irfan )


Lanjutnya, Inspektorat dalam mereview segala laporan perencanaan dan mereview laporan keuangan. Kemudian, tugas-tugas Inspektorat dalam memeriksa pengelolaan kas bendahara, pemeriksaan SPJ fisik, pemeriksaan kinerja, pemeriksaan pengadaan barang dan jasa.


"Sementara fungsi Inspektorat adalah sebagai tempat konsultasi di dalam kita melakukan pengelolaan keuangan, pengadaan barang/jasa dan juga tata kelola dana desa itu harus kita manfaatkan dengan benar, sehingga apa yang kita laksanakan benar-benar di dalam koridor aturan," ujarnya.


Selain itu, Pj Bupati Jayapura juga menekankan, apa yang dikerjakan di dalam mengejar mengisi MCFP itu, nanti Inspektorat tolong sosialisasikan.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pj Bupati Jayapura Diminta Bekukan Dana Hibah KNPI

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:47 WIB
X