DKP Kabupaten Jayapura Fokus Tingkatkan Ekspor Ikan Papua di 2023

- Selasa, 17 Januari 2023 | 17:11 WIB
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura Ir. Rudi Afdiner Saragih (Irfan)
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura Ir. Rudi Afdiner Saragih (Irfan)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) akan fokus meningkatkan beberapa program kerja di instansinya di 2023. Salah satunya program tersebut adalah meningkatkan ekspor ikan Papua.


"Dari kegiatan-kegiatan yang kita harapkan juga dalam tahun ini, ada dukungan tambahan dari APBN dalam rangka pengembangan atau peningkatan sarana prasarana dan program ekspor ikan Papua. Kita juga sudah usulkan ini agar dapat mendukung program ekspor ikan Papua tersebut, karena kita sudah punya buyer dalam rangka penampungan dan pembelian ikan-ikan dari Papua," kata Rudi Saragih ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 17 Januari 2023.


Pada 2022 lalu, kata Rudi Saragih, ekspor ikan Papua masih dibawah 1.000 ton. Sekarang ini baru mencapai 300 sampai 360 ton dalam dua tahun terakhir ini. Diharapkan, di tahun 2023 ini bisa meningkat mendekati 1.000 ton.


"Jadi, itu satu program kerja yang harus kami seriusi di tahun 2023 ini. Sehingga kita bisa semakin meningkatkan kapasitas ekspor ikan kita. Nah, itu makanya program itu perlu dukungan dari berbagai sumber dana, baik itu dari pusat (APBN) atau ada kegiatan-kegiatan kucuran khusus dari bapa presiden maupun wakil presiden, kita harapkan juga dari masyarakat perikanan sudah siap," jelas Rudi Saragih.


"Kalau yang bersumber dari dana Otsus, itu semua yang program reguler seperti ada benih dan juga pakan, serta ada pengadaan kapal, karena kita dapat (dana) Otsus sekitar 3,5 miliar rupiah. Di tahun 2023 ini, juga dari anggaran APBN kita didukung dengan adanya kegiatan bioflok. Untuk itu, kami di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura di tahun 2023 ini banyak kegiatan-kegiatan reguler seperti bantu benih dan pakan, kemudian ada pengadaan kapal, juga pengadaan sarana prasarana untuk penangkapan ikan," pungkasnya. (Irf / lintaspapua.com)

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pj Bupati Jayapura Diminta Bekukan Dana Hibah KNPI

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:47 WIB
X