Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi, Bupati Triwarno Hadiri Rakornas

- Minggu, 22 Januari 2023 | 18:58 WIB
Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si (Irfan)
Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si (Irfan)

SENTANI (LINTAS PAPUA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkompimda Tahun 2023 di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa, 17 Januari 2023 lalu. Rakornas tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.


Acara Rakornas yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI itu dengan tema, "Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi" itu juga dihadiri Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pejabat Negara Setingkat Menteri, Gubernur, Bupati dan Walikota, serta unsur Forkompimda seluruh Indonesia.


"Itu (acara) pengarahan langsung dari presiden terkait beberapa hal yang penting, dalam rangka penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi," sebut Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini, di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Papua, Jalan Balaikota Jayapura, Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Rabu, 18 Januari 2023 sore lalu.


Adapun yang dibahas dalam Rakornas tersebut, Bupati Triwarno menyampaikan hal pertama yang dibicarakan itu terkait inflasi, kemudian kemiskinan ekstrim, stunting, investasi, situasi Kamtibmas dan politik, serta terkait kebebasan beribadah dan juga pendirian tempat ibadah.


"Jadi suasana di daerah, para kepala-kepala daerah diminta untuk mendukung, membangun dan memelihara situasi yang kondusif dalam rangka penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian usaha (inflasi), serta menjamin kebebasan melaksanakan ibadah," pungkas pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Keerom ini.


Untuk diketahui, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada Kepala Daerah dan jajaran Forkompimda mengenai pengendalian inflasi, pertumbuhan ekonomi, penanganan stunting, dan sejumlah isu penting lainnya.


“Isu-isu penting yang menjadi pembahasan di antaranya soal Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi; Penguatan Investasi, Hilirisasi, dan Kemudahan Perizinan Berusaha; Penanganan COVID-19, Stunting, Kemiskinan, dan Jaring Pengaman Sosial; serta Stabilitas Politik, Hukum, Keamanan, dan Pengawasan,” sebut Presiden.


Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menjelaskan, sebagai upaya pengendalian inflasi daerah, Kemendagri bersama kementerian/lembaga terkait telah melakukan langkah-langkah strategis.


“Upaya itu diantaranya melalui pelaksanaan rapat koordinasi rutin mingguan pengendalian inflasi daerah setiap hari Senin yang diikuti oleh seluruh Kepala Daerah, jajaran Forkopimda, serta pimpinan instansi vertikal tingkat provinsi dan kabupaten/kota sejak Oktober 2022 hingga saat ini,” kata Mendagri Tito Karnavian.
Kemudian tambah Mendagri Tito Karnavian, berkat arahan Presiden, serta kolaborasi instansi pusat dan pemerintah daerah (Pemda), saat ini pertumbuhan ekonomi secara nasional terus menunjukkan angka positif.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pj Bupati Jayapura Diminta Bekukan Dana Hibah KNPI

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:47 WIB
X