• Kamis, 8 Desember 2022

Papua Football Academy Binaan PT. Freeport Indonesia, Resmi Diluncukan Presiden Jokowi di Stadion Lukas Enembe

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 10:33 WIB
PRESIDEN JOKOWI DI STADION LUKAS ENEMBE
PRESIDEN JOKOWI DI STADION LUKAS ENEMBE

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) -  Tampak menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana di bandara, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Ridwan Rumasukun, serta Danlanud Silas Papare Jayapura Kolonel Pnb. M. Dadan Gunawan.

Baca Juga: Inilah Streaming PT. Freeport Indonesia Upacara HUT ke - 77 Republik Indonesia di Tembagapura
Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 5 jam dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura pada Selasa, 30 Agustus 2022 pukul 19.00 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Dipublikasikan pada Selasa, 30 Agustus 2022 18:43 WIB
Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 5 jam dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional Sentani, Kabupaten Jayapura pada Selasa, 30 Agustus 2022 pukul 19.00 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Baca Juga: Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia Melepas Pengiriman Konsentrat Tembaga Freeport Indonesia

Tampak menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana di bandara, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Ridwan Rumasukun, serta Danlanud Silas Papare Jayapura Kolonel Pnb. M. Dadan Gunawan.

Pukul 19.20 WIT, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan tiba di hotel tempatnya bermalam selama berada di Jayapura.

Sebelumnya, melalui akun instagramnya  @okowi, Selasa siang, 30 Agustus 2022, Presiden Jokowi mengatakan akan berkunjung ke Jayapura dan Timika, dalam kunjungannya ke Papua kali ini.

-
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, saat berjalan dalam stadion, mengawali agenda kerjanya di Papua pada Rabu, 31 Agustus 2022 meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.. (Foto Facebook Pop Nugroho)

“Siang hari ini, saya bersama-sama dengan Bu Iriana akan berangkat ke Jayapura dan Timika di Tanah Papua,” ucap Presiden dalam perjalanannya dari Istana Kepresidenan Bogor menuju Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja ke Provinsi Papua antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

 

Sekilas Informasi yang dihimpun, inilah yang dikerjakan Presiden Jokowi , yakni Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengawali agenda kerjanya di Papua pada Rabu, 31 Agustus 2022 meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan 76 Rumah Sehat Untuk Korban Banjir Bandang Sentani


Agenda kerja Presiden berikutnya :

 


1. Menyerahkan bansos di Kantor Pos Cabang Sentani, Jayapura.

 


2. Menyerahkan bansos di Pasar Kampung Doyo Baru, Jayapura.

 


3. Meninjau Rumah Sehat Kampung Doyo Baru, Jayapura.

 


4. Menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) pelaku usaha mikro kecil (UMK) perseorangan di GOR Toware (HMS), Jayapura.

 


5. Pada siang harinya, Presiden akan terbang menuju Mimika berlanjut ke Sport Hall,Distrik Tembagapura, Mimika untuk bersilaturahmi dengan karyawan PT Freeport Indonesia.

 

Papua Football Academy Mulai Pencarian Mutiara Sepak Bola di Timika, sebagaimana di kutip dari media Freeport Indonesia, tertanggal 10 Juni 2022.

 



Menyebutkan Sekilas Perjalanan Papua Football Academy Sebagai Komitmen Membangun Masyarakat Papua Dalam Bidang Sepakbola.

Perjalanan Papua Football Academy (PFA) mencari mutiara sepak bola akan dimulai di Kota Timika 11-12 Juni 2022. Papua Football Academy (PFA) merupakan sekolah sepak bola dan asrama bagi putra Papua. Program ini merupakan komitmen PT Freeport Indonesia dalam membangun masyarakat Papua, salah satunya di bidang olahraga,

Program pencarian bakat Papua Football Academy (PFA) melibatkan sejumlah nama berpengalaman, beberapa di antaranya adalah eks asisten pelatih timnas Indonesia asal Austria, Wolfgang Pikal, yang menjabat sebagai Direktur Akademi. Dalam upaya menemukan mutiara terbaik sepak bola Papua melalui program PFA, Wolfgang Pikal akan dibantu oleh mantan pelatih Persemi Mimika, Ardiles Rumbiak. Ardiles Rumbiak mengemban tugas sebagai pelatih kepala. Ia didukung oleh dua asisten pelatih asli tanah Papua, yakni Ardus Kelly Pepuho dan Melky Arnesius Papare.

Kota Timika menjadi titik awal pencarian bakat siswa Papua Football Academy. Setelah itu, PFA juga akan menyambangi kota lain yaitu Merauke dan Jayapura pada tahun pertama pengelolaan ini. Peserta yang boleh mengikuti "Papua Football Academy Cari Bakat" adalah putra Papua kelahiran 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2009 dan berada di kelas VII SMP.

Talenta bermain sepak bola bukan satu-satunya parameter dalam proses seleksi PFA Cari Bakat.

 

Peserta yang lolos dari tahap pertama juga akan menjalani tes medis, psikologi, dan bakat. "Saya yakin masyarakat Timika akan menyambut kehadiran Papua Football Academy dengan antusias," ucap Wolfgang Pikal, Direktur Akademi PFA, dalam rilis yang diterima media.


 



"Anak-anak di Timika pasti gembira mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu sepak bola sekaligus bisa bersekolah dengan lancar serta hidup baik di asrama," ucap Pikal.

Wolfgang Pikal menyebut kesuksesan pergelaran PON XX Papua kian memicu semarak olahraga di Timika. Antusiasme anak-anak Timika terhadap sepak bola dipahami betul Ardiles Rumbiak, selaku pelatih kepala PFA.

 

Sejak usia empat tahun saya sudah hidup di Tembagapura. Lalu, saya pernah melatih Persemi Mimika di Liga 3. Jadi, saya paham betul bagaimana minat sepak bola anak-anak di Timika," kata Ardiles yang juga pernah melatih Belitong FC. (Dari Berbagai Sumber/Biro Pers Setpres/ Corcom PT. Freeport Indonesia)

Editor: Eveerth Joumilena

Artikel Terkait

Terkini

X