Wapres RI Kunjungi Papua dan Lakukan Pertemuan Dengan Persekutuan Gereja

- Selasa, 29 November 2022 | 20:53 WIB
Wapres RI Kunjungi Papua dan Lakukan Pertemuan Dengan Persekutuan Gereja
Wapres RI Kunjungi Papua dan Lakukan Pertemuan Dengan Persekutuan Gereja

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH (H.C) Ma'ruf Amin mengunjungi Papua, Selasa (29/11/2022).

Dalam kunjungannya, Wapres melakukan pertemuan dengan Persekutuan Gereja-Gereja di Papua dan Papua Barat (PGGP/PB), Pengurus Papua Christian Center (PCC) dan FKUB Papua di Kantor Badan Pengarah Papua (BPP) di Gedung Keuangan Negara di Kota Jayapura.

Pertemuan tersebut disambut baik oleh Ketua Persekutuan Gereja-Gereja di Papua, Pdt. Hiskia Rollo, Ketua PGGP Papua, Ketua PGGP Papua Barat, Pdt. Shirley Parinussa serta Ketua _Papua Cristian Center (PCC), Jhon Banua Rouw.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dan wujud keseriusan Pemerintah melalui Wakil Presiden selaku Kepala Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) yang ditunjuk atas PP Nomor 121 Tahun 2022 pada 21 Oktober dari lalu.

Ketua Papua Cristian Center (PCC) Jhon Banua Rouw menyambut baik keseriusan Pemerintah dengan mennggandeng gereja dalam pembangunan Papua. Dirinya memberikan contoh sektor pendidikan yang nantinya juga akan direkrut dari gereja.

"Nah kita berharap peran ini diambil oleh pihak gereja lewat PCC untuk memberikan pelatihan bagi umatnya yang siap untuk ditugaskan di kampung-kampung tetapi biayai oleh pemerintah. Jemaat ini disiapkan SDM nya dan bagaimana dia mau tinggal di kampung dan sebagainya lalu kita akan mengutus itu dan menjadi guru yang akan dibiayai oleh pemerintah," katanya pada awak media.

Jhon katakan, hal ini akan bisa tercapai jika semua pihak konsisten dan bekerjasama untuk merealisasikannya. "Kalau betul-betul bapak Wapres konsisten dengan badan percepatan ini dan kita sebagai PCC juga akan konsisten dengan menyiapkan data dan juga menyiapkan SDM yang akan dipakai untuk pembangunan di tanah Papua akan lebih maju," ujar Jhon.

Ia memberi contoh yaitu tenaga guru. "Dengan kita rekrut dari gereja tentu yang bersangkutan akan memiliki tanggungjawab ganda, selain untuk melayani masyarakat, juga memiliki tanggungjawab sebagai utusan gereja. Dan gereja juga akan turut mengawasi," ucapnya.

Dibeberkan, masih akan ada pertemuan-pertemuan lanjutan untuk mengoptimalkan rencana tersebut. Kedepannya akan ada pula rapat koordinasi lagi yang akan dipimpin oleh menteri dalam negeri dan Negeri keuangan. "Jadi selain pendidikan sektor kesehatan juga kita bahas," beber Jhon.

Halaman:

Editor: Fransisca Kusuma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPS Sebagai Ujung Tombak Pesta Demokrasi

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:41 WIB

KPU Sarmi Lantik 264 Anggota PPS Pemilu 2024

Selasa, 24 Januari 2023 | 21:55 WIB
X