Ini 5 Aitem Pekerjaan Rumah Dari DPD RI Untuk Kabinet Indonesia Maju

- Rabu, 30 November 2022 | 13:23 WIB
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Perwakilan Papua Barat, Mamberob Y. Rumakiek. Richard (LPC)
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Perwakilan Papua Barat, Mamberob Y. Rumakiek. Richard (LPC)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) - Dari hasil pertemuan rapat kerja antara Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, berlangsung di Kantor DPD RI, di Jalan Jenderal Gatot Subroto No. 6, Jakarta Selatan, Selasa 29 November 2022. Menghasilkan lima aitem yang menjadi pekerjaan rumah bagi Kabinet Indonesia Maju.

"Ya, ada 5 aitem sudah kami sampaikan kepada Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga, yang juga sebagai representasi dari Kabinet Indonesia Maju, untuk disampaikan kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, untuk ditindaklanjuti," ucap Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Perwakilan Papua Barat, Mamberob Y. Rumakiek, saat dihubungi Lintas Papua.Com, Rabu 30 November 2022.

Sebut Mamberob, berikut lima aitem yang disampaikan ke Wakil Menteri Perdagangan;

1. Meminta pemerintah (presiden) membangun pasar khusus untuk mama-mama Papua di Provinsi Papua Barat. Sebagaimana yang sudah di bangun presiden di Jayapura.

2. Pemerintah harus melakukan pendampingan untuk mama-mama Papua pengrajin noken, dalam bentuk memfasilitasi tempat usaha (tempat khusus untuk membuat noken) dan membantu dalam modal usaha. Mengingat noken sudah ditetapkan oleh UNESCO menjadi warisan budaya dunia, maka pemerintah harus menjadikan noken sebagai ikon Indonesia.

3. Pemerintah harus memfasilitasi kelompok usaha mama-mama Papua dalam menciptakan bahan pangan lokal sebagai produk UMKM yang memiliki nilai expor.

4. Pemerintah membantu pengurusan ijin usaha dan ijin produksi bagi UMKM di Papua Barat.

5. Meminta Pemerintah menjamin ketersediaan sembilan bahan pokok dan kestabilan harga khususnya untuk Provinsi Papua dan Papua Barat. (Richard/Lintas Papua)

Editor: Richard Mayor

Terkini

PPS Sebagai Ujung Tombak Pesta Demokrasi

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:41 WIB

KPU Sarmi Lantik 264 Anggota PPS Pemilu 2024

Selasa, 24 Januari 2023 | 21:55 WIB
X