Enam Ciri Khas Kebiasaan Orang Ber-IQ Tinggi

- Minggu, 15 Januari 2023 | 19:41 WIB
Ilustrasi Otak Ber-IQ Tinggi (SK)
Ilustrasi Otak Ber-IQ Tinggi (SK)

JAKARTA (LINTAS PAPUA) - Intelligence Quotient (IQ) merupakan tes yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan dan kemampuan kognitif seseorang.

Dilansir dari media CNBC, menjelaskan bahwa meskipun tidak ada ukuran kecerdasan yang pasti, para peneliti telah mengaitkan orang dengan skor IQ tinggi dengan kebiasaan istimewa tertentu. Berikut pemaparan 6 ciri khas kebiasaan orang ber-IQ tinggi sebagai berikut :

1. Senang Tantangan

Orang dengan IQ tinggi merasa tidak mudah puas dengan prestasi. Sementara banyak orang senang dengan apa yang telah mereka capai, orang ber-IQ tinggi mencoba menantang diri mereka sendiri dengan mencoba hal-hal yang lebih ekstrim.

2. Sering Mengkritik Diri Sendiri

Dalam studi Universitas Cornell tahun 1999, para peneliti menemukan bahwa orang yang tidak kompeten gagal mengenali ketidakmampuan mereka sendiri, yang mengarah pada peningkatan penilaian diri. Meski banyak yang mungkin berpikir bahwa orang cerdas harus percaya diri. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang cerdas tidak.

Studi ini menemukan bahwa orang yang sangat kompeten meremehkan kemampuan mereka. Itu karena mereka tahu berapa banyak informasi yang ada di luar sana. Bukannya sombong, mereka malah sering mengkritik diri sendiri.

3. Sering Begadang

Orang dengan IQ tinggi cenderung tidur lebih sedikit. Mereka lebih suka menghabiskan waktu luang mereka secara produktif.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Terkini

X