Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik, Pemkab Mappi Akan Kerja Sama dengan RS di Papua dan di Luar Papua

- Rabu, 25 Januari 2023 | 19:32 WIB

MAPPI (LINTAS PAPUA) - Momentum penyerahan DPA TA. 2023, SK UP, Penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan 184 SK P3K Formasi Guru di gedung olahraga kepi.

Dilansir dari Suaraindonesia1, Penjabat Bupati Mappi Michael Rooney Gomar, S.STP, M,Si sampaikan, mulai tahun 2023 untuk kuasa pengguna anggaran salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mappi telah diberikan tanggung jawab sebagai pengguna anggaran untuk mengelola keuangan dilingkup RSUD secara mandiri.

"Tujuannya agar rencana-rencana peningkatan status RSUD yang menjadi prioritas dalam peningkatan pelayanan kesehatan serta pelaksanaan kegiatan-kegiatan rutin yang tertuang dalam program bisa dilaksanakan. Pengelolaan keuangan secara mandiri harus diberikan, harus memberikan kepercayaan dan kebebasan yang penuh untuk pengguna anggaran dalam lingkup RSUD itu sendiri, supaya penyediaan fasilitas sarana dan prasarana dalam pelayanan kesehatan yang menjadi prioritas bisa segera dipenuhi," terang Penjabat Bupati, belum lama ini.

Penjabat Bupati katakan, untuk rujukan, bantuan pengobatan dan kedukaan pemerintah daerah telah anggarkan di Dana Otonomi Khusus (Otsus) melalui Dinas Sosial. Dan melalui Dinas Kesehatan akan ada kerja sama dengan beberapa rumah sakit baik di Papua maupun di luar Papua, dengan tujuan kerja sama ini  bisa membantu pelayanan kesehatan yang baik dan maksimal bagi masyarakat maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kabupaten Mappi.

"Sehingga pemerintah daerah melalui dinas terkait tidak lagi memberikan uang cash kepada masyarakat maupun PNS untuk melakukan rujukan atau pengobatan di Papua maupun di luar Papua. Harapannya semoga dengan kerja sama pemerintah daerah melalui dinas terkait dengan beberapa rumah sakit di Papua maupun di luar Papua bisa membantu masyarakat dan PNS dalam pelayanan kesehatan secara baik," tutupnya. 

Melalui pesan WhatsApp, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi dr. Rooney H. Tombokan mejelaskan, MoU masih sementara di bahas, namun rencana kerja sama pemerintah daerah melalui dinas kesehatan, tentu dengan RS di Merauke, Jayapura, Makassar dan Jakarta.*

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPS Sebagai Ujung Tombak Pesta Demokrasi

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:41 WIB

KPU Sarmi Lantik 264 Anggota PPS Pemilu 2024

Selasa, 24 Januari 2023 | 21:55 WIB
X