• Rabu, 5 Oktober 2022

Warga Kampung Nayaro Meriahkan Pesta Adat Arapao, Ketua Lemasko Akui Sebagai Prosesi Pendewasaan Anak

- Jumat, 9 September 2022 | 20:08 WIB
 (Pesta Adat Arapao) Ketua Lemasko Timika, Gery Okoare, SE (tengah) bersama tamu undangan pada acara Arapao di Kampung Nayaro Distrik Mimika Baru) Jumat, (9/9). (Eddy)
(Pesta Adat Arapao) Ketua Lemasko Timika, Gery Okoare, SE (tengah) bersama tamu undangan pada acara Arapao di Kampung Nayaro Distrik Mimika Baru) Jumat, (9/9). (Eddy)

TIMIKA (LINTAS PAPUA)  – Tokoh masyarakat sekaligus Ketua Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare, SE menyambut para tamu dan undangan dari Kota Timika saat menghadiri acara atau pesta budaya suku Kamoro – Mimika atau dalam bahasaya Kamoro – Kampung Nayaro di sebut dengan Arapao. Acara itu dilangsungkan selama beberapa hari kedepan di Kampung Nayaro Distrik Mimika Baru, Jumat, 09 September 2022.

Ketua Lemasko dalam sambutanya menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang ikut hadiri dalam menyaksikan juga memeriahkan pesta adat suku Nawaripi (Koprapoka, Nawaripi dan Nayaro) itu.

Pesta Arapao - Sejumlah anak-anak yang siap mengikuti ritual adat Arapao di Kampung Nayaro - Distrik Miru). Jumat, (9/9 (Eddy)

Beberapa tamu undangan yang ikut hadir ialah Petinggi PT. Freeport Indonesia melalui departemen Community Realiton, Pemerintah Daerah (Wakil Bupati Mimika) - Jhon Rettob, S.Sos., MM Anggota TNI dan Polri,Ketua, Direktur YPMAK, Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme (Lemasa), ketua – ketua kerukunan Paguyuban Papua seperti, Sorong Raya, Biak Numfor Raja Ampat dan lainya di Timika..

“Inilah moment dimana leluhur kami mempergunakan hajatan ini sebagai pesta pendewasaan pada anak remaja laki-laki menuju kemandirian, sejak dahulu kala dan eksis sampai hari ini,” Pesan Gerry.

Ketua Lemasko, Gerry Okoare, SE, bersama perwakilan Kerukunan A3, Matius Way, SE, M.Si disela-sela acara Arapao di Kampung Nayaro, distrik Miru, Jumat 09 September 2022 (Eddy)

Lanjutnya, sehingga usai pembukaan acara adat Arapao hari ini, selanjutnya pada besok dan seterunya Masyarakat Adat Suku Nawaripi telah mempersiapkan sejumlah rangkaian acara dalam pelaksanaan acara Arapao itu sendiri. Untuk diketahu khlalak Umum di Tanah Papua, kalau prosesi adat seperti halnya Arapao, Karapao juga selalu dan wajib hukumnya diselenggarakan seluruh masyarakat adat suku Kamoro dari Nakai  sampai Potowayburu di Barat Jauh.

Secara teknis, kata Gerry sapaan akrab pemilik Perusahaan PT. Putra Otomona Jaya (POJ) Timika itu, acara pelapasan anak remaja menuju kemandirian akan diikuti oleh seluruh anak di di alam Kampung Nayaro. Umumnya mereka berusia pelajar di Tingkat SD.

“kemandirian yang dimaksud ialah mulai berpikir ke arah dewasa secara adat dan budaya, juga dalam kelangsungan hidup anak itu sendiri baik di bangku pendidikan, maupun di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat luas di Timika,”.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Eddy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lebih Baik Jatuh Kedalam Tangan Tuhan

Sabtu, 3 September 2022 | 15:11 WIB

JMW Terbitkan Buku Jayapura Emas 2030

Selasa, 30 Agustus 2022 | 23:55 WIB

1 Tesalonika 5 : 17 "Tetaplah Berdoa"

Minggu, 28 Agustus 2022 | 12:09 WIB
X