Inilah Arti Lambang Salib Bagi Pengikut Kristus

- Rabu, 30 November 2022 | 16:25 WIB
TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA.
TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA.

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  -  “Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang
akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah” (1 Korintus 1:18)._

Seorang stand-up comedian wanita yang bernama Priska Baru Segu, berasal dari Ende Flores, sering memakai materi beridiom Kristen dalam ber-stand-up comedy. Yang sangat menarik adalah saat ia menceritakan materi tentang orang-orang non-Kristen yang takut dengan lambang salib.

Dia sangat heran karena sebegitu takut dan anti dengan lambang salib, mereka sampai melarang mobil ambulans berlambang tanda plus. Padahal, masih banyak orang yang mengaku Kristen yang tak respek dan tak peduli dengan lambang salib.

Menurut Priska, tak seharusnya orang ketakutan dengan lambang salib. Karena seharusnya orang yang takut dengan lambang salib adalah orang yang mengerti dan terhubung dengan arti di balik salib. Itu sebabnya, orang Kristen jangan apriori dengan orang-orang yang ketakutan bahkan anti dengan lambang salib. Karena itu artinya mereka percaya ada kuasa di balik salib.

Akhirnya dengan nada menyindir secara humor, Priska Baru Segu menyimpulkan bahwa mereka yang takut dengan simbol salib sudah dekat dengan pembaptisan.

Konten itu disampaikan secara humor, tetapi kalau dipikir lebih dalam, mengandung kebenaran. Icon atau lambang tak mengandung apa-apa bagi yang tak percaya atau tak mengerti makna di balik lambang. Lalu apa arti di balik lambang salib sebenarnya?

“Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat, tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan, tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah” (1 Korintus 1:22-24).

Pada intinya Rasul Paulus menuliskan bahwa Kristus yang disalib adalah kekuatan dan hikmat Allah bagi mereka yang terpanggil untuk percaya. Apa maknanya? Pengorbanan Kristus di salib adalah cara Allah untuk menebus umat manusia dari kuasa dosa sehingga manusia kembali pada harkat semula, yaitu mempunyai sifat Ilahi, menjadi manusia rohani yang telah dikuduskan sehingga kembali mempunyai relasi yang sempurna dengan Allah yang kudus. (DD)

Questions:
1. Apa arti lambang salib menurut Anda?
2. Benarkah ada kuasa di dalam salib?

Halaman:

Editor: Fransisca Kusuma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Melahirkan Kembali Gereja Tuhan

Senin, 30 Januari 2023 | 20:05 WIB

Kebenaran Firman Tuhan Harus Disampaikan

Rabu, 18 Januari 2023 | 04:29 WIB

Sikap hati Mendengar Firman Tuhan

Selasa, 17 Januari 2023 | 15:19 WIB
X