• Rabu, 27 September 2023

Pj Gubernur PPS, Apolo Safanpo : Penjualan Miras di Papua Selatan Perlu Dikontrol

- Selasa, 28 Februari 2023 | 15:43 WIB
Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo (Arie)
Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo (Arie)

MERAUKE (LINTAS PAPUA) - Banyak terjadi tindakan kasus kriminalitas di kabupaten Merauke, provinsi Papua Selatan didasari oleh minuman keras (miras) baik berijin maupun ilegal. Contoh kasus yang masih hangat hingga saat ini yakni sejumlah Oknum TNI AL dan Oknum dari satuan Brimob Polda Papua harus berurusan dengan hukum akibat tindakan pengamanan aparat yang dinilai sangat berlebihan.

Menanggapi hal itu, Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo mengatakan, perlu adanya sistem kontrol atau pengaturan terhadap penjualan atau peredaran minuman keras di wilayah Papua Selatan.

"Mungkin juga bisa ada pembatasan, nanti kita coba siapkan rancangan peraturan gubernurnya lalu kita undang komponen masyarakat dan kita bahas bersama. Apabila kita sudah tetapkan jadi peraturan maka pihak aparat penegak hukum akan kita minta untuk menegakkan hukum dalam rangka pengawasan terhadap peraturan tersebut," ujar Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo , kepada sejumlah wartawan di kantornya, Selasa, 28 Februari 2023.

Dikatakan, sampai saat ini belum ada aturan hukum yang mengatur hal tersebut sehingga para penegak hukum belum dapat mengambil langkah tegas secara hukum, sehingga perlu adanya dorongan regulasi yang mengatur tentang peredaran miras.

"Untuk sementara masih peraturan gubernur, karena kita belum punya DPRD Provinsi Papua Selatan, apabila tahun depan kita sudah punya DPRD Papua Selatan maka pergub itu bisa dibahas dan ditetapkan menjadi peraturan daerah dalam paripurna dewan," pungkas Mantan Rektor Universitas Cenderawaish ini. 

Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT., IPM. adalah seorang birokrat Indonesia yang saat inu menjabat sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan sejak 11 November 2022. Sebelumnya Apolo Safanpo pernah mengemban jabatan sebagai Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Pemerintahan serta Sebagai Rektor Universitas Cenderawasih. (Arie / lintaspapua.com)

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Papua Minta Pemkab Sarmi Serius Tangani Stunting

Senin, 25 September 2023 | 03:58 WIB
X