Dewan Pers dan Bawaslu Papua Ingatkan Tugas Wartawan Dalam Meliput Pemilu 2019

- Kamis, 28 Februari 2019 | 10:29 WIB
DEWAN PERS 3
DEWAN PERS 3

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) -  Dewan Pers melangsungkan workshop peliputan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019 bagi 35 peserta terdiri dari para wartawan media cetak, Media elektronik, Radio dan Televisi.

 

Kegiatan ini kembali mengingatkan fungsi Media, Pers juga wartawan agar tetap menjaga independensi, tidak berpihak. Paparan Narasumber di sampaikan oleh dewan Pers dan Bawaslu, Horison Jayapura, Rabu (27/2/2019).

Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi, menyampaikan peranan wartawan, harus melaksanakan tugas sesuai kode etik.

“Tugas kita mesosialisasikan dan mendidik masyarakat, berita harus berkualitas dan berdasarkan fakta,lebih tepat mencari fakta, kemudian di ujikan kepada narasumber. tidak berpihak dengan pada satu pasangan Calon saja, ada clarifikasi, informasi dan confirmasi adalah tugas wartawan,"  Kata ketua Komisi pengaduan dewan Pers.

Wakil ketua Komisi Hukum dewan Pers,Jimmy Silalahi, Menekankan peran Pers dalam mendorong pemilu berkualitas

“Masyarakat berhadapan dengan alat peraga yang tidak di kenal oleh masyarakat, media sebagai penetrasi informasi bagi masyarakat. Membantu masyarakat melaksanakan proses pemilu, agar seluruh masyarakat berpartisipasi,” tegasnya.

Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Anugrah Pata, dengan topik pengawasan kampanye Pemilu, juga menyampaikan jadwal aturan kampanye di media dan hari tenang pada saat jelang Pemilu.

“Ada perubahan media dan pelaksanaan dalam pemilu tahun ini, pelaksanaan Kampanye di media adalah 25 maret sampai 13 April 2019, dan hari tenang kampanye 14-17 April 2019," tuturnya.

Ketua Komisi Pengaduan dan Verifikasi Dewan Pers, Ratna Komala, mengungkapkan bagaimana media meliput pemilu

“Kita harus menyajikan keamanan pda saat proses pemilu dan pelaksanaan Pemilu, kita wartawan juga memberikan Fungsi control kegiatan pemilu. Pers menjadi pemberi pendidikan politik bagi siapa saja terutama pemilih baru. Peran media menjadi pengawal Pemilu, Media bisa membantu mensosialisasikan Pemilu," pungkasnya. (Fransisca / lintaspapua.com )

Editor: ADMIN WEB

Terkini

Gubernur Kodomo Konsultasi Anggaran ke Pusat

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:35 WIB
X