• Senin, 5 Desember 2022

Tokoh Pemuda Papua, Martinus Kasuay Dukung KPK Tuntaskan Kasus Dugaan Korupsi Gubernur Papua, Lukas Enembe

- Senin, 26 September 2022 | 06:46 WIB
Tokoh Pemuda Papua, Martinus Kasuay, saat diwawancara. (lintaspapua.com)
Tokoh Pemuda Papua, Martinus Kasuay, saat diwawancara. (lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) -  Tokoh Pemuda Papua, Martinus Kasuay mengatakan pihaknya sepakat proses hukum kasus dugaan  korupsi Gubernur Papua terus dijalankan dan dituntaskan oleh KPK.

Sudah sewajarnya siapapun yang bersalah harus diberikan sanksi hukuman pidana sesuai dengan proses hukum yang berlaku.
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Barisan Merah Putih Martinus Kasuay di Sentani Jayapura Papua, Sabtu 24/9/2022.


Baca Juga: Masyarakat Tablasupa Minta Terminal Lending Kabel Optik di Halaman Gereja Dipindahkan
Martinus Kasuay mengatakan kasus korupsi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe merupakan kasus pribadi yang tidak ada kaitannya dengan politisasi ataupun kriminalisasi.
"Kasusnya murni kaitannya dengan hukum", tegas Martinus.

Di negara ini tidak ada masyarakat yang kebal hukum, meskipun orang tersebut mempunyai jabatan di Pemerintahan, kata Martinus.

Ditambahkan Tokoh Pemuda Papua Martinus Kasuay, semua yang terlibat dalam kasus korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe harus diperiksa dan apabila ditemukan kesalahan wajib mendapatkan hukuman serta sebaliknya akan dibebaskan apabila tidak terbukti bersalah.

Sekretaris Barisan Merah Putih ini mengimbau kepada seluruh masyarakat Papua untuk mengerti bahwa semua ini ada proses hukum yang berlangsung dan tidak ada yang boleh mengganggu atas dasar kepentingan tertentu.

"Penegakan hukum kasus korupsi Gubernur Lukas Enembe harus dituntaskan karena Indonesia merupakan negara hukum", tutup Martinus.

Baca Juga: Jelang KMAN VI, Pelayanan Kesehatan Kampung Yokiwa Perlu Ditingkatkan

Sementara itu secara terpisah, sebelumnya menanggapi penetapan tersangka oleh KPK,

Massa aksi save gubernur Papua, Lukas Enembe berhasil bertemu langsung dengan Wakil Ketua I DPR Provinsi Papua Dr. Yunus Wonda, SH, MH, yang bertempat di taman Imbi Kota Jayapura sekitar pukul 13.30 WIT.

Yunus Wonda yang menerima aspirasi tertulis dari massa save Lukas Enembe akan melanjutkannya ke pusat dalam waktu yang secepat mungkin.

Pada kesempatan yang sama anggota DPR Provinsi Papua dari partai Demokrat periode 2019-2024 itu dengan singkat katakan kepada massa bahwa gubernur Papua Lukas Enembe tidak pernah makan uang rakyat.

Senada dengan itu,  Ketua Tim Penasehat Hukum Gubernur Papua, Roy Rening didampingi Tim Kuasa Hukum, Yustinus Butu, Alo Renwarin dan Juru Bicara (Jubir) Gubernur Papua, Rifai Darus, usai bertemu penyidik KPK memberi sanggahan terkait hal tersebut.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X