• Selasa, 29 November 2022

Pelinus Balinal Sebut Pengesahan Tiga Provinsi Baru di Papua sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Papua

- Selasa, 15 November 2022 | 10:48 WIB
Tiga Penjabat Gubenur Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan. (Istimewa )
Tiga Penjabat Gubenur Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan. (Istimewa )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  -Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan akhirnya secara resmi disahkan. Peresmian ini dilaksanakan pada hari Jum’at, (11/11) oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian atas nama Presiden Republik Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Puncak Papua Pelinus Balinal mengatakan bahwa dirinya mengaku bangga dan bahagia. Hal ini disebabkan dia menganggap bahwa peresmian tersebut merupakan bentuk upaya Pemerintah Pusat dalam membangun Papua, dengan memberdayakan masyarakat yang ada di dalamnya.

Pelinus menilai, dengan diresmikannya tiga provinsi baru di Papua, tentunya akan memberikan keleluasaan bagi provinsi-provinsi dimaksud guna mengelola secara otonom apa yang menjadi sumber daya daerah tersebut. Hal ini memungkinkan pengoptimalan sumber daya yang ada.

 

“Hari ini saya senang sekali, dan saya yakin segenap masyarakat di Papua juga merasakan hal yang sama. Tiga provinsi baru di Papua, yakni Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan secara resmi ditetapkan sebagai tiga provinsi baru di Papua. Saya melihat ini sebagai upaya pemerintah dalam mendorong kemajuan yang ada di Papua, yaitu dengan cara memberikan keleluasaan berupa otonomi kepada masing-masing provinsi untuk memberdayakan masyarakat secara lebih optimal,” tutur Pelinus, Jum’at (11/11/2022).

Selain peresmian provinsi, kegiatan ini pula dalam rangka melantik tiga pejabat (pj.) gubernur terpilih yang nantinya akan memimpin provinsi baru di Papua. Di antara yang dilantik ada Apolo Safanpo sebagai Pj. Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj. Gubernur Papua Tengah, dan Nikolaus Kondomo sebagai Pj. Gubernur Papua Pegunungan.

Tak lupa Pelinus juga menuturkan harapannya kepada ketiga pj. gubernur terpilih agar betul-betul memegang dan menjalankan amanah yang diberikan oleh Negara dan masyarakat.

Pelantikan sebagai pj. gubernur, lanjutnya, juga berarti menandai dimulainya kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu, Pelinus mengingatkan bahwa setiap kebijakan yang diambil nantinya harus dilandasi oleh orientasi terhadap masyarakat, dengan mengacu pada apa yang tertuang dalam Undang-Undang.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada ketiga pj. gubernur terpilih. Semoga amanah, dan semoga bisa menjalankan tugasnya sebagai ‘pelayan’ masyarakat dengan betul-betul menjalankan amanat yang diberikan oleh Undang-Undang,” tandasnya.***

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Artikel Terkait

Terkini

X