Pj Bupati Mappi, Michael Gomar Pastikan 162 Kampung Siap Gelar Pemilihan Kepala Kampung pada September 2023

- Kamis, 12 Januari 2023 | 09:08 WIB
Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP M.Si menggelar rapat bersama para kepala Distrik Se-Kabupaten Mappi dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung pada 1 September 2022. ((***MPI))
Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP M.Si menggelar rapat bersama para kepala Distrik Se-Kabupaten Mappi dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung pada 1 September 2022. ((***MPI))

MAPPI (LINTAS PAPUA) - Penjabat Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar,  S.STP, M.Si menggelar rapat bersama para kepala Distrik Se-Kabupaten Mappi dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung, yang direncanakan pada 1 September 2023.

Rapat yang berlangsung di aula kantor Dinas Pendidikan dihadiri PJ Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar, S.STP, M.Si, Sekda Kabupaten Mappi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Kampung(DPMK) Kabupaten Mappi, serta seluruh kepala Distrik Se-Kabupaten Mappi.

Dalam rapat tersebut disepakati bahwa bahwa pemilihan kepala kampung di 162 kampung di Kabupaten Mappi akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 01 September 2023 mendatang.


PJ Bupati Mappi dalam arahanya, menyampaikan sesuai dengan agenda kita di tahun 2023, kita akan melaksanakan pemilihan kepala Kampung serentak dan ini merupakan agenda Nasional yang wajib dilaksanakan oleh seluruh Kabupaten/Kota.

"Untuk Kabupaten Mappi batas akhir kepemimpinan para kepala Kampung yakni sampai tanggal 18 Agustus tahun 2023. Sehingga pada bulan september kita sudah bisa melaksanakan pemilihan kepala Kampung yang baru secara serentak," ujar Penjabat Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar, dalam arahannya.

PJ Bupati meminta, agar kepala DPMK kabupaten Mappi untuk menyiapkan segala persiapan yang diperlukan termasuk, penunjukan PJ kepala kampung untuk 162 kampung. Karena sesuai amanat UU bahwa 6 (bulan) sebelum pemilihan kepala kepala kampung yang baru, maka para kepala kampung yang lama harus meninggal jabatnnya.

Kata PJ Bupati mengacu pada UU Nomor 06 tahun 2014 tentang Desa, dimana pelaksanaan pemilihan kepala Kampung itu dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang sudah di amanatkan UU.

"Tahun lalu kita sudah lakukan sosialisaai tentang tahapan yang harus dilaksanakan untuk persiapan pemilihan kepala kampung. Dan di tahun 2023 kita kembali melakukan sosialisasi sekaligus pembentukkan panitia di tingkat Kabupaten, pembentukkan panitia ditingkat Distrik dan pembentukkan panitia pemilihan kepala Kampung ditingkat kampung.," kata Pj. Bupati Mappi.

"Saya pikir para kepala Distrik sudah memahami mekanisme dan tahapan -tahapan yang harus dilaksanakan," pungkasnya. (***MPI / lintaspapua.com)

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Musnhakan 423 Liter Milo

Senin, 6 Februari 2023 | 19:54 WIB

11 Tim Ramaikan Lomba Tari Yospan

Senin, 6 Februari 2023 | 19:42 WIB

59 Persen Guru di Papua Selatan Belum Tersertifikasi

Senin, 6 Februari 2023 | 18:37 WIB

GKIP Klasis Yatamo Tage Sukses Gelar Rakersis Ke-I.

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:35 WIB
X