Pater dari Bomomani Ajak Semua Pihak Ciptakan Kedamaian dan Selesaikan Masalah Hingga Tuntas

- Senin, 23 Januari 2023 | 05:07 WIB
Suasana saat Pater Dekan Mapia Puyaiye mengunjungi lokasi kebakaran
Suasana saat Pater Dekan Mapia Puyaiye mengunjungi lokasi kebakaran

BOMOMANI (LINTAS PAPUA) - Pater Dekan Mapia Puyaiye dan Pater Rupinus Madai yang merupakan Pater dari Bomomani menghubungi media melalui Messangger Facebook pada 22 Januari 2023.

"Kami Gereja minta, pihak HAM, DPRP, DPRD, MRP, Pemerintah, TNI, POLDA, pihak Gereja dan tokoh-tokoh masyarakat agar jangan ada korban di atas tanah Papua yang tercinta ini". 

Lanjutnya, "Semua orang Harus memperoleh selamat dan menjalani hidup yang aman dan damai adalah Rencana Tuhan. Entah dia masyarakat pendatang, entah dia masyarakat asli, harus dilindungi dan diselamatkan supaya tidak yang korban".

Pater yang mewakili Gereja meminta kepada pihak HAM, DPRP, DPRD, MRP, Pemerintah, TNI, POLDA, pihak Gereja dan tokoh-tokoh masyarakat agar jangan ada korban di atas tanah Papua yang tercinta ini.

"Kebakaran Kios Mapia dan segala kebutuhan yang dimiliki oleh para pedagang itu mengakibatkan korban nyawa manusia," tandasnya.

"Peristiwa pertama dengan adanya penembakkan korban yang mati di tempat dan luka-luka. Maka peristiwa kedua muncul dan terjadi kebakaran kios-kios. Untuk itu, kita secara logis atas peristiwa ini siapa yang memulainya dan pelaku utama dalam peritistiwa ini. Siapapun dia, pihak manapun, lembaga mana pun jangan buat kabur atas peristiwa ini dan harus bertanggung jawab atas semua peristiwa yang terjadi ini," imbuhnya.

"Kami minta, entah masalah korban nyawa mau pun pembakaran kios-kios pedagang tidak saling melemparkan dan menyembunyikan fakta tetapi harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan dan menanggung kerugian segala isi rumah oleh para pedagang maupun korban nyawa manusia," ujarnya.

"Dekan Mapia Piyaiye, Keuskupan Timika, dan Pater Rupinus Madai dengan tegas mengatakan bahwa harus pelaku utama yang bertanggung jawab. Kami mohon, pihak HAM, DPRP, DPRD, MRP, pihak Pemerintah, TNI, POLDA, pihak GEREJA, dan tokoh-tokoh masyarakat, harus selesaikan secara tuntas," ucapnya.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GKIP Klasis Yatamo Tage Sukses Gelar Rakersis Ke-I.

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:35 WIB

Gubernur Kodomo Konsultasi Anggaran ke Pusat

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:35 WIB
X