Tim KKN PPM UGM Biak Ikut Semarakkan Kemeriahaan Parade Wor dan 5000 Tifa

E J
- Selasa, 23 Agustus 2022 | 15:40 WIB
1000 tifa di biak
1000 tifa di biak

BIAK NUMFOR (LINTAS PAPUA)  -  Sejumlah 29 mahasiswa yang tergabung di dalam Tim KKN PPM UGM Biak 2022 turut hadir meramaikan kegiatan Parade Wor dan 5000 Tifa di Lapangan Cenderawasih yang telah berlangsung pada Selasa,9 Agustus 2022 lalu.

 

Parade ini turut dihadiri oleh 6400 peserta penabuh tifa dari 5000 penabuh tifa yang ditargetkan Peserta penabuh tifa ini terdiri dari berbagai komponen masyarakat, diantaranya masyarakat umum, para murid sekolahan, mahasiswa UGM dan segenap perwakilan dari semua instansi pemerintah dan swasta.

Catatan 5000 tifa ini kemudian mendapatkan piagam penghargaan rekor muri kategori penabuh tifa terbanyak yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

 

“Dalam rangka menggelorakan HUT RI yang ke-77, Kabupaten Biak Numfor melalui Bapak Bupati dan Wakil Bupati, sangat ingin menyemarakkan HUT RI yang ke-77.

"Animo masyarakat yang membawa 6.500 tifa dari 5000 yang ditargetkan berhasil memecahkan rekor MURI. Tentunya hal ini sangat membanggakan kabupaten Biak Numfor. Harapannya, mudah-mudahkan rekor-rekor lain dapat terpecahkan setelah berkaca dari acara ini,”  ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Hery Mulyana, S.Sos., M.Si.

-
Sejumlah 29 mahasiswa yang tergabung di dalam Tim KKN PPM UGM Biak 2022 turut hadir meramaikan kegiatan Parade Wor dan 5000 Tifa di Lapangan Cenderawasih. (Tim KKN UGM)

Ribuan penabuh tifa juga turut mewarnai acara dengan memakai baju adat, baju batik khas papua, dan aksesoris berupa mahkota untuk laki-laki dan asis untuk wanita.

Acara yang terbagi menjadi 2 sesi ini — sesi siang dan malam— ini merupakan satu dari serangkaian acara untuk menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-77 dan juga memperingati Hari Internasional Masyarakat Adat. Pada sesi malam, acara dilanjutkan dengan pembukaan pameran pembangunan UMKM dan pesta rakyat Kabupaten Biak Numfor.

 

Beriringan dengan ribuan penabuh tifa lainnya, jejeran peserta turun ke jalan sembari menabuh tifa.

Dalam barisan itu, para mahasiswa Tim KKN PPM UGM Biak turut hadir menyemarakkan sembari meliput dan mendokumentasikan rangkaian kegiatan. Melalui keikutsertaannya, Tim KKN PPM UGM ini berharap dapat memperkenalkan budaya khas Biak lebih luas lagi. ***

Editor: E J

Terkini

Mahasiswa Pelajar Tolikara Gelar Ibadah Syukuran

Senin, 28 November 2022 | 11:21 WIB
X