Banyak Distrik dan Kampung Belum Terdata, KPU Sarmi Mengacu Pada Data Kemendagri

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 08:51 WIB
Komisioner KPU Sarmi, Haris Karubaba. Richard (LPC)
Komisioner KPU Sarmi, Haris Karubaba. Richard (LPC)

SARMI (LINTAS PAPUA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, jelang penyelenggaraan Pemilu 2024. Tengah melakukan tahapan validasi data, baik terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), juga penyebaran TPS di sejumlah distrik dan kampung di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.

Berkaitan dengan DPT juga penyebaran TPS nantinya, KPU Sarmi tetap mengacu pada data yang diberikan Kemendagri kepada KPU RI.

"Menang ada banyak kampung-kampung pemekaran dan distrik namun tidak terdaftar, sehingga kami KPU Sarmi tetap mengacu pada data Kemendagri yang diberikan kepada KPU RI, ya itu 10 distrik dan 88 kampung di wilayah Kabupaten Sarmi," ucap Komisioner KPU Sarmi, Haris Karubaba, Divisi Sosialisasi dan Partiisipasi Pemilih dan SDM KPU Kabupaten Sarmi, kepada Lintas Papua.Com, Jumat 13 Januari 2023.

Haris menyebutkan, memang ada banyak pemekaran distrik dan kampung. Namun penduduknya itu-itu saja, kalaupun ada peningkatan, ya cuma berapa persen saja.

"Untuk data sementara yang telah kami terima ada 27 ribu data penduduk, namun pada DPT Pemilu 2019 ada 26.996. Sehingga kami perlu melakukan pemutahiran data pemilih, setelah semua perangkat terbentuk," tutur Haris Karubaba.

Haris bercerita, untuk data Pemilu 2019, dimana jumlah distrik hanya ada 10 distrik, namun sekarang sudah ada 21 distrik, karena ada penambahan 11 distrik pemekaran.

"Untuk kampung pada Pemilu 2019 ada 88 kampung, namun sekarang ada 94 kampung," tuturnya.

Tak hanya itu, TPS pun terjadi peningkatan, dimana pada Pemilu 2019 TPS ada 142, sekarang ada 3 ratus TPS.

Nanti akan ada pentahitan data terbaru, dan kami KPU Sarmi akan mengacu pada data tersebut.

"Dalam setiap kesempatan dan juga
uji publik, kepada masyarakat
dan partai politik kami sudah sampaikan dan mereka mengetahui soal adanya 3 ratus TPS. Namun TPS fiktif," tegas Komisioner KPU Sarmi itu. (Richard/Lintas Papua)

Halaman:

Editor: Fransisca Kusuma

Artikel Terkait

Terkini

NasDem Siap Menang di 3 DOB Papua pada Pemilu 2024

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:33 WIB

KPU Sarmi Gelar Seleksi Calon PPS Pemilu 2024

Sabtu, 14 Januari 2023 | 06:27 WIB
X