Inilah Strategi KPU RI Menangkal Disinformasi Kepemiluan

- Rabu, 15 Februari 2023 | 08:52 WIB
Hasyim juga berharap adanya dukungan TNI-Polri dalam menjaga ketertiban dan keberlangsungan pesta demokrasi tersebut.  Turut hadir Panglima Tentara Nasional Indonesia, Yudo Margono dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Listyo Sigit Prabowo.  (kpu.go.id)
Hasyim juga berharap adanya dukungan TNI-Polri dalam menjaga ketertiban dan keberlangsungan pesta demokrasi tersebut. Turut hadir Panglima Tentara Nasional Indonesia, Yudo Margono dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Listyo Sigit Prabowo. (kpu.go.id)

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  - Ketua KPU Hasyim Asyari hadir menjadi narasumber dalam Kegiatan Rapat Pimpinan (RAPIM) TNI - POLRI Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan tema “”TNI-POLRI Siap Mendukung Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”, di Jakarta, Rabu, Delapan Februari 2023.

Hasyim memaparkan Persiapan dan Kesiapan Menghadapi Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. Hasyim menjelaskan bahwa lembaga penyelenggara Pemilu memiliki tanggung jawab menjaga legitimasi institusi demokrasi dan transisi kekuasaan.

Hasyim menyampaikan prinsip pemilu secara global (guiding principle of election) yang meliputi independensi, imparsialitas, integritas, transparansi, efesiensi, dan profesionalisme serta pelayanan publik.

Hasyim memaparkan, adanya tiga jenis/model konten disinformasi kepemiluan. Pertama, disinformasi Kepemiluan dapat terjadi pada kelompok rentan. Kedua, disinformasi yang mendelegitimasi proses pemilu. Ketiga, disinformasi yang mengaburkan informasi prosedur teknis kepemiluan.

Selanjutnya, Hasyim juga menjelaskan strategi yang dilakukan KPU RI dalam menangkal disinformasi kepemiluan adalah , yaitu menampilkan cek fakta hoax kepemiluan di laman kpu.go.id, melakukan counter issue di media sosial KPU RI, melakukan nota kesepahaman dan kerjasama dengan stakeholder terkait seperti Bawaslu, Kominfo, KPI, Dewan Pers, Asosiasi Media Siber (AMSI), platform media sosial, merilis informasi resmi (pers rilis) dan membagikannya ke media terverifikasi, membuat Bakohumas KPU, dan inovasi pelayanan informasi kepemiluan melalui PPID serta Podcast KPU RI.

Hasyim juga berharap adanya dukungan TNI-Polri dalam menjaga ketertiban dan keberlangsungan pesta demokrasi tersebut.

Turut hadir Panglima Tentara Nasional Indonesia, Yudo Margono dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Listyo Sigit Prabowo. Hadir narasumber lainnya, yaitu Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI, Puan Maharani, Menteri Koordinator Polhukam, Mahfud MD, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, serta Wakil Mentri Pertahanan, M. Herindra.***

Editor: Fransisca Kusuma

Sumber: Humas KPU

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perindo Punya Caleg Muda Dengan Gaya Baru

Selasa, 16 Mei 2023 | 21:14 WIB

Golkar Kab. Keerom Resmi Daftarkan 20 Bacalegnya

Minggu, 14 Mei 2023 | 08:18 WIB
X