• Senin, 25 September 2023

Papua Berduka Kehilangan Dokter Gunawan Ingkokusumo, Melayani Hingga Pedalaman dan Giat Kampanye HIV-AIDS

- Jumat, 23 September 2022 | 16:01 WIB
Dokter Gunawan, salah satu praktisi kesehatan yang pernah mengabdi di Dinas Kesehatan Provinsi Papua sejak zaman Belanda, tampak dalam rutinitas saat tahun 2019. Kini semuanya telah selesai. Selamat Jalan Dalam Damai Dokter Gunawan. (Foto ANTARA/Musa Abubar)
Dokter Gunawan, salah satu praktisi kesehatan yang pernah mengabdi di Dinas Kesehatan Provinsi Papua sejak zaman Belanda, tampak dalam rutinitas saat tahun 2019. Kini semuanya telah selesai. Selamat Jalan Dalam Damai Dokter Gunawan. (Foto ANTARA/Musa Abubar)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) - Kabar duka dalam dunia kesehatan khususnya pelayanan  HIV -  AIDS di Tanah Papua, berduka karena Dokter Gunawan Ingkokusumo telah dipanggil menghadap Tuhan, tepat Kamis, 22 September 2022.

Sebagaimana terbaca dalam psotingan di halaman Facebook   Gunawan Ingkokusumo,  Salah Satu Sahabat Dokter, Marinus Yaung, menulis dan mengucapkan selamat jalan dan duka yang mendalam.

Baca Juga: KPK Pastikan Surat Pemanggilan Kepada Yunus Wonda yang Beredar, Itu Palsu

"Selamat jalan orang tua tersayang dan salah satu sahabat terbaik Dokter Gunawan Ingkokusumo. Saya belajar juga dari beliau tentang arti mengabdi dengan ketulusan dan keikhlasan untuk rakyat Papua,' tulis Marinus Yaung, di halaman Facebook Dokter Gunawan.

Disampaikan, bawha Dokter pernah cerita  pada dirinya, suatu saat dokter sakit malaria sampai hampir mati di pedalaman Papua.

"Namun Menjelang ajal datang menjemput, dokter berdoa kepada Tuhan Yesus. Jangan ambil nyawa saya dulu. Karena ilmu saya masih dibutuhkan orang Papua. Kasih sayang saya yang besar, belum saya habiskan untuk melayani orang Papua," ujar Marinus Yaung, dalam tulisan yang mengutip penyampaian Dokter Gunawan.

"Nanti kalau sudah banyak dokter - dokter orang asli Papua, yang melayani orang Papua, dan sudah selesai tugas saya mengasihi orang Papua dan tanah Papua yang indah ini, Tuhan Yesus boleh ambil pulang saya," lanjutnya.

Baca Juga: Aci Waimuri dan Kawan -kawan dari Persipura Mania Siap Beri Dukungan Kepada Persewar Lawan PDS

Disampaikan, Tuhan Yesus mendengar dan menjawab doa dokter Gunawan. Dokter Gunawan sudah menuntaskan tugas hingga purna bhakti di Papua. Baru beberapa bulan lalu beliau tinggalkan tanah Papua dan kembali ke kampung halamannya, Malang, Jawa Timur.

 

"Saya sedih dan merasa kehilangan dengar berita kepergian dokter. Tetapi saya percaya, dokter sudah tahu kapan Tuhan Yesus panggil pulang, dan dokter sudah janji sama Tuhan Yesus, bahwa ketika dokter sudah pulang kampung ke Malang, Jawa Timur, barulah Tuhan Yesus panggil pulang," ucapnya.

Ungkapan duka atas kepergiaan dokter Gunawan.
Ungkapan duka atas kepergiaan dokter Gunawan. (Foto Facebook Maria Wanda Numberi)

"Selamat jalan dokter. Saya akan ingat pesanmu dokter. Kalau Marinus jadi Walikota atau Gubernur, segera bangun Rumah Sakit khusus TBC plus AIDS di Papua. Pasien TBC plus AIDS tidak bisa dilayani satu Rumah Sakit dengan pasien - pasien lain. Di Papua sudah harus ada Rumah Sakit khusus TBC plus AIDS. "
Terimakasih dokter untuk pelayanannya di tanah Papua. Tuhan Yesus menyambut di pintu gerbang surga," tulisnya dalam tulisan yang ditandai dilaman Facebook Dokter Gunawan Ingkokusumo.

Sementara , dalam ruang yang sama salah satu Warga Papua, Soleman itlay,  mengatakan dalam tulisannnya, dari kasus: Kejadian Luar Biasa (KLB) Nduga kita baku kenal. Kemudian pendampingan pasien dari Korowai hingga wilayah pengungsian akibat konflik bersenjata.

Halaman:

Editor: Eveerth Joumilena

Sumber: Dari Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ENVISION Mendorong Pemberdayaan 50 BUMDes di NTT

Senin, 14 Agustus 2023 | 23:07 WIB
X